Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung menghadirkan salah satu ponsel pintar entry level-nya, Galaxy A02s di Indonesia, pada awal tahun 2021 ini.

Berada di kelas entry level alias bagi pengguna pertama atau pemula, Samsung Galaxy A02s menghadirkan spesifikasi yang cukup sederhana, namun juga mencoba menawarkan fitur-fitur terkini seperti kamera lebih dari satu, baterai dan memori berkapasitas cukup besar.

Samsung Galaxy A02s hadir dengan dua variasi memori dan tiga warna pilihan. ANTARA berkesempatan untuk mengulik ponsel ini dengan warna putih dan memori 4GB/64GB.

Desain
Dari sisi desain, ponsel pintar ini hadir dengan desain smartphone pada umumnya, dengan ketebalan yang pas dan nyaman digenggam. Ukurannya sendiri adalah 164,2 x 75,9 x 9,1 mm, dan bagian samping ponsel pun dibuat melengkung.

Samsung Galaxy A02 berwarna putih ini memiliki tiga sensor kamera dan satu LED Flash. Masih di bagian belakang, terdapat motif dan tekstur bergaya futuristik serta tidak glossy dan licin.

Baca juga: Samsung kembali produksi ponsel "entry level", Galaxy A02

Di sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan power. Sementara di sisi kirinya ada slot untuk SIM Card.
Samsung Galaxy A02s. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Samsung Galaxy A02s memiliki port USB Type-C di bagian tengah bawah untuk pengisian daya. Sementara, di sisi kanan bawahnya ada grill speaker, lalu di sisi sebaliknya terdapat jack audio.

Perangkat ini dibekali dengan bentang layar 6,5 inci PLS LCD beresolusi 720 x 1600 (HD+), dan didukung dengan dimensi 6.5 inci, yang memungkinkan pandangan layar menjadi luas, dan cocok untuk menunjang pengalaman visual seperti menonton video.

Dapur pacu dan performa
Samsung Galaxy A02s pun hadir dengan One UI Core versi 2.5 berbasis Android 10.

Perangkat juga didukung oleh Snapdragon 450 di dalamnya, bersama dengan RAM yang cukup besar (RAM 4GB dan ROM 64GB).

Dapur pacu di dalamnya bisa menyokong pengalaman pengguna dengan mulus dan baik, termasuk untuk menjalankan aplikasi bersamaan, seperti memainkan audio bersama dengan membuka aplikasi lain, hingga melakukan video konferensi.

Namun, ketika digunakan untuk melakukan video konferensi, daya ponsel cukup terkuras, tapi kualitas audio, video, dan ketahanannya untuk digunakan selama lebih dari 45 menit untuk video konferensi pun cukup baik.
Samsung Galaxy A02s. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Perangkat dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, yang memungkinkan Samsung Galaxy A02s digunakan seharian.

Begitu pula untuk hiburan. Ponsel ini cukup awet digunakan untuk menonton video atau film, pun ketika digunakan untuk memainkan musik dan berselancar di internet.

Samsung Galaxy A20s juga dilengkapi port USB Type-C untuk mengisi daya. Ada pula pilihan fast charging yang memungkinkan untuk mengisi daya lebih cepat.
Samsung Galaxy A02s. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Baca juga: Samsung akhiri produksi Galaxy A11 dan A21s

Baca juga: Samsung unggulkan baterai besar di ponsel tahun ini


Kamera
Dari sisi kamera, perangkat ini hadir dengan tiga kamera di bagian belakang yang terletak di sudut kiri atas, dilengkapi dengan satu flashlight/LED flash. Tiga kamera tersebut membawa konfigurasi sensor 13 MP, 2 MP, dan 2MP.

Untuk kamera depan, terdapat sensor 5MP. Terdapat juga beberapa opsi efek untuk memberikan sentuhan tertentu saat berswafoto. Kamera depan dan belakang Samsung Galaxy A02s dapat menunjang pengambilan video dengan beresolusi FHD.
Hasil foto dari kamera depan Samsung Galaxy A02s. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Hasil foto dari kamera belakang Samsung Galaxy A02s. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


ANTARA juga menjajal bagaimana kamera perangkat menangkap gambar dengan baik, dengan berbagai mode. Kamera depannya pun bisa menghasilkan foto yang natural. Hanya saja, saat mencoba opsi mode macro, hasil yang ditangkap tidak terlalu mulus.

Untuk video, Samsung Galaxy A02s juga menawarkan hasil yang cukup baik. Namun, pengguna harus stabil saat mengambil video agar tidak terjadi gambar yang kabur atau shaking.
Hasil foto dari kamera mode macro Samsung Galaxy A02s. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Kesimpulan
Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A02s bisa menjadi pilihan bagi pengguna ponsel baru, mengingat ketahanan baterai yang cukup mumpuni, desain menarik, penggunaan yang mudah, dan kamera yang mampu menghasilkan gambar baik.

Samsung Galaxy A02s tersedia dengan tiga pilihan warna yaitu hitam, putih dan biru navy. Terdapat dua pilihan, yaitu RAM 3GB/32GB dibanderol seharga Rp1,799 juta, dan RAM 4GB/64GB seharga Rp1,999 juta.

Baca juga: Tahun Baru, Samsung luncurkan Galaxy A02s

Baca juga: Samsung andalkan Galaxy S21 dongkrak penjualan ponsel

Baca juga: Samsung buka pra-pemesanan seri Galaxy S21, ini harganya

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021