Kami merencanakan bangun solar park seperti yang ada di Abu Dhabi (Uni Emirat Arab), Portugal, dan Arab Saudi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengembangkan taman panel surya atau solar park di Indonesia bagian timur, sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) di Tanah Air.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, dikutip dari laman Kementerian ESDM di Jakarta, Sabtu, mengatakan konsep pembangunan solar park merupakan bagian dari pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) skala besar di lahan yang luas.

"Kami merencanakan bangun solar park seperti yang ada di Abu Dhabi (Uni Emirat Arab), Portugal, dan Arab Saudi. Satu hamparan besar isinya solar panel saja," jelasnya.

Nantinya, lokasi pengembangan solar park akan dipusatkan di Indonesia bagian timur dengan memanfaatkan wilayah-wilayah yang kering, memiliki radiasi sinar Matahari yang bagus, dan cerah hujan rendah.


Baca juga: Kementerian ESDM berikan insentif PLTS atap, dongkrak investasi EBT

Baca juga: PLTS Atap alternatif saat konsumsi listrik meningkat



"Makin ke timur, khususnya di daerah-daerah yang kering, sinar Matahari bagus, jarang hujan," ungkap Dadan.

Rencana pengembangan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan PLTS secara masif.

Kementerian ESDM mencanangkan target peningkatan kapasitas PLTS mencapai 17.687 MW pada 2035.

Pengembangan PLTS secara masif didorong lantaran saat ini keekonomian PLTS sudah kompetitif dan mampu bersaing dengan pembangkit fosil seperti pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

"Sudah bisa bersaing. Memang kalau PLTU bisa sebagai base load, PLTS hanya pada saat Mataharinya ada. Bagaimana mencapainya? Ini kombinasi antara kesiapan dan pendapatan keekonomian yang baik, aspek teknis juga, supaya PT PLN tidak kesulitan menerima PLTS skala besar," katanya.


Baca juga: Investasi 129 juta dolar AS, PLTS Terapung Cirata mulai dibangun 2021

Baca juga: Indonesia akan punya PLTS terapung terbesar di dunia

Baca juga: Listrik tenaga surya jangkau perbatasan Papua


Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021