Samsung luncurkan chip flagship Exynos 2100

Samsung luncurkan chip flagship Exynos 2100

Chip Exynos 2100. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics memperkenalkan chipset yang akan digunakan pada ponsel flagship, Exynos 2100.

"Tim Exynos kami telah berkomitmen untuk membuat pengalaman mobile computing premium dengan membawa inovasi untuk prosesor yang saat ini merupakan jantung dari perangkat pintar," kata Presiden of System LSI Business Samsung Electronics, Inyup Kang, dalam keterangan pers, dikutip Kamis.

Exynos 2100 merupakan chip seluler pertama buatan Samsung yang terintegrasi dengan 5G. Samsung menggunakan teknologi 5nm EUV pada chip ini, untuk menghemat pemakaian daya hingga 20 persen dan performa 10 persen lebih tinggi dibandungkan dengan chip terdahulu.

Baca juga: Samsung akhiri produksi Galaxy A11 dan A21s

Baca juga: Samsung unggulkan baterai besar di ponsel tahun ini


CPU octa-core pada Exynos 2100 berupa satu Arm Cortex-X1 (2.9GHz) dengan tri-cluster structure yang telah diperbaiki, menawarkan kecepatan hingga 2.9GHz.

CPU juga terdiri dari tiga Cortex-A78 untuk performa dan empat Cortex-A55 untuk peningkatan 30 persen pada performa multi-core.

Sementara pada GPU, chip ini menggunakan Arm Mali-G78 yang meningkatkan performa grafik lebih dari 40 persen, termasuk dalam penggunaan gaming, AR, VR atau Mixed Reality (MR).

Exynos 2100 juga mengintegrasikan teknologi advanced multi-IP governor (AMIGO), yang mengawasi dan mengoptimalisasi penggunaan daya pada CPU, GPU dan proses-proses lainnya, memberikan waktu penggunaan yang lebih lama meski dalam aktivitas on-screen yang intens.

Samsung juga menambah kemampuan kecerdasan buatan, artificial intelligence, berupa desain baru pada NPU tri-core yang bisa meminimalisir proses-proses yang tidak diperlukan untuk pemanfaatan yang efektif serta dukungan kepada feature-map dan weight compression.

Exynos 2100 dapat menjalankan hingga 26 trillion-operations-per-second (TOPS) dengan efisiensi daya yang dua kali lipat lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Dengan on device AI processing serta dukungan untuk advanced neural networks, pengguna dapat menikmati fitur-fitur yang lebih pintar dan interaktif, serta peningkatan pada performa computer vision pada aplikasi seperti imaging.

Image Signal Processor (ISP) pada Exynos 2100 mendukung resolusi kamera hingga 200MP. ISP juga memiliki multi-camera and frame processor (MCFP) untuk mengkombinasikan feed dari multiple kamera untuk meningkatkan performa zoom, peningkatan kualitas gambar untuk dan lensa ultra-wide.

Chip Exynos 2100 dikabarkan akan digunakan untuk Galaxy S21, yang akan diluncurkan malam ini.

Baca juga: Galaxy S21 bakal jadi ponsel 5G termurah Samsung

Baca juga: Renault Samsung pangkas gaji para eksekutif karena "kondisi darurat"

Baca juga: Samsung gelar acara khusus untuk chip Exynos
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021