Mereka dari Kanada ingin berinvestasi di Gorontalo, khususnya di bidang pertanian
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, membahas peluang investasi bidang pertanian dengan salah satu perusahaan asal Kanada.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Rabu, mengatakan peluang investasi pertanian di daerah itu cukup menjanjikan.

"Mereka dari Kanada ingin berinvestasi di Gorontalo, khususnya di bidang pertanian. Pertama yang ingin mereka dorong adalah perdagangan, khususnya berkaitan dengan hasil produk dari kelapa," ucap Nelson.

Ia menjelaskan perusahaan asing tersebut juga ingin mendorong potensi lainnya seperti industri rumahan dan ekspor, seperti produksi bibit jagung, pertanian organik, peternakan, dan agrowisata.

Baca juga: Barantan fasilitasi pemetaan komoditas pertanian unggulan di Gorontalo

Baca juga: Mentan lepas ekspor tepung kelapa 8.160 ton dari Gorontalo


"Kita juga ingin mendorong home industry untuk produksi ekspor dan kita akan laksanakan tahun depan. selanjutnya kita akan dorong juga pembibitan jagung," ungkapnya.

Menurut Nelson, yang menjadi masalah saat ini adalah bibit, maka pihaknya akan memproduksi bibit sendiri dan itu tidak hanya untuk kebutuhan daerah tapi juga luar daerah.

"Kita juga akan mendorong pertanian organik dan mendorong peternakan, terutama sapi, dan terakhir kita juga mendorong pariwisata pendidikan dan pertanian atau agrowisata," kata dia lagi.

Baca juga: Kabupaten Gorontalo-Taiwan jajaki kerja sama sektor unggulan

Baca juga: Sektor pertanian masih jadi unggulan Gorontalo


 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020