Kemarin, korban longsor Lembang hingga penyebab banjir Bandung

Kemarin, korban longsor Lembang hingga penyebab banjir Bandung

Tim gabungan melakukan pencarian warga tertimbun longsor di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (25/12/2020). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pembaca Antaranews kemarin, mulai dari korban longsor di Lembang ditemukan dan penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang penyebab hujan deras yang memicu banjir di Bandung.

1. Enam karyawan perusahaan sawit di Mukomuko positif COVID-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu mencatat tujuh orang terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19, enam orang di antaranya adalah karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Dari hasil tes usap terhadap tujuh orang yang positif COVID-19 di daerah ini, enam karyawan perusahaan perkebunan sawit dan satu orang warga Desa Nelan Indah yang telah meninggal dunia pada 22 Desember 2020," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Jumat (25/12).

Baca juga: Enam karyawan perusahaan sawit di Mukomuko positif COVID-19

2. BPBD temukan korban longsor di Lembang dalam keadaan meninggal

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat menemukan seorang korban longsor di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dalam keadaan meninggal atas nama Dedi Rohendi (43) setelah sekitar 20 jam pencarian.

"Atas dukungan semua pihak, dari TNI-Polri, Basarnas dan teman-teman relawan. Upaya sudah kita lakukan sejak kemarin malam dan ditemukan sekitar pukul 16.30 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo di Bandung Barat, Jumat (25/12).

3. Misa malam Natal di Gorontalo Utara lancar kondusif

Kepala Kepolisian Resor Gorontalo Utara AKBP Dicky I Kesuma mengatakan pihaknya mengerahkan 80 polisi yang tersebar di 49 gereja untuk memastikan pelaksanaan misa malam Natal berlangsung lancar dan kondusif.

"Pelaksanaan misa malam natal berlangsung aman dan kondusif menerapkan protokol kesehatan cegah COVID-19, serta situasi lalu lintas di depan gereja pun lancar," kata Dicky di Gorontalo, Kamis (24/12).

4. Ade Yasin paparkan capaian program "Bogor Berkeadaban"

Bupati Bogor Ade Yasin memaparkan sejumlah capaian program "Bogor Berkeadaban" yang merupakan salah satu dari bagian program utamanya yang bernama Pancakarsa.

"Semua Program itu sebagai bentuk komitmen saya terhadap para alim ulama dengan mewujudkan Pancakarsa, khususnya Karsa Bogor Berkeadaban," ungkapnya di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/12).

5. BMKG jelaskan pemicu hujan lebat penyebab banjir di Bandung

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya menjelaskan perubahan pola angin yang dipengaruhi dinamika atmosfer membuat awan hujan terkumpul di atas wilayah Bandung menjadi pemicu hujan lebat yang menyebabkan banjir di wilayah Bandung pada Kamis (24/12).

"Terdapat gangguan yang cukup signifikan di wilayah Jawa Barat yang menyebabkan perlambatan massa udara di sebelah barat Jawa Barat. Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan-awan hujan diantaranya di wilayah Jawa Barat," katanya di Bandung, Jumat (25/12). 

Baca juga: BPBD temukan korban longsor di Lembang dalam keadaan meninggal

Baca juga: Tim SAR cari seorang warga yang tertimbun longsoran tanah di Lembang
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020