Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat memastikan program penanganan banjir di wilayah tersebut rampung 100 persen pada 15 Desember mendatang.

Kepala Seksi Pengendalian Sudin SDA Jakarta Pusat Glenn Santista mengakui sebelumnya target awal pengerjaan program penanganan banjir di DKI Jakarta disampaikan selesai secara serentak pada 7 Desember 2020.

"Awalnya target kami akhir Desember, bukan 7 Desember. Cuma memang diminta dipercepat, itu diminta 7 Desember semuanya dipercepat diharapkan selesai. Saat ini psudah 90 persen lebih, minggu depan rampung," ujar Glenn saat dikonfirmasi, Rabu.

Glenn mengatakan, tenggat pengerjaan program penanganan banjir di Jakarta Pusat itu dimundurkan karena adanya beberapa pekerjaan tambahan dari program awal yang sudah ditentukan.

Pengerjaan kolam olakan di Cempaka Putih termasuk dalam salah satu pekerjaan tambahan dari program yang sudah ditentukan.

"Tambahan pekerjaan itu ada sekitar 10 sampai 15 kegiatan. Mudah-mudahan tanggal 15 Desember benar-benar rampung," ujar Glenn.

Baca juga: Pemkot Jakpus gerebek lumpur di saluran penghubung Jalan Sedap Malam
Baca juga: 350 personel dikerahkan untuk Gerebek Lumpur Kali Sentiong
Pasukan oranye dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Pusat membersihkan Kali Sentiong dalam kegiatan gerebek lumpur, Minggu (18/10/2020). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Pusat)
Khusus di Jakarta Pusat ada 6 titik penanganan banjir yang menjadi prioritas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat.

Berikut adalah daftar 6 titik prioritas penanganan banjir di Jakarta Pusat:

1.Kali Sentiong, Johar Baru;
2. Batu Ceper, Kebon Kelapa, Gambir;
3. Jati Pinggir, Petamburan, Tanah Abang;
4. Karet Tengsin, Tanah Abang;
5. Bendungan Hilir, Tanah Abang;
6. Utan Kayu, Cempaka Putih.

Pemprov DKI Jakarta melakukan program "Gerebek Lumpur" yang mulai dikerjakan pada akhir Oktober 2020 untuk menanggulangi bencana banjir saat musim hujan.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020