Keikutsertaan Indonesia dalam pameran tahun ini terbilang cukup sukses
Beijing (ANTARA) - Sejumlah perusahaan dari Indonesia berhasil menghimpun transaksi perdagangan senilai Rp215,9 miliar dari ajang China-ASEAN Expo di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi, pada 27-30 November 2020.

"Keikutsertaan Indonesia dalam pameran tahun ini terbilang cukup sukses," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Beijing, Kamis.

Di ajang tahunan yang sudah diselenggarakan ke-17 kali itu Indonesia menempati dua anjungan, masing-masing untuk komoditas perdagangan dan budaya pariwisata.

"Nilai transaksi tersebut diakumulasikan dari perdagangan langsung, kesepakatan bisnis, dan MoU," ujarnya.

Baca juga: Presiden Xi dijadwalkan buka China-ASEAN Expo
Baca juga: Indonesia berupaya seimbangkan defisit dengan China lewat CAEXPO 2019


Menurut Dubes, partisipasi Indonesia dalam CAExpo 2020 tersebut sebagai bentuk komitmen untuk terus mendorong peningkatan kerja sama antara ASEAN dan China.

Ajang tersebut dibuka oleh Presiden China Xi Jinping yang memberikan sambutan melalui saluran video pada Jumat (27/11).

Presiden Joko Widodo turut pula menyampaikan sambutan dengan mengatakan bahwa CAExpo merupakan platform penting untuk mempromosikan perdagangan dan investasi di Asia serta sebagai model kerja sama yang baik antara China dengan negara-negara anggota ASEAN.

Presiden Jokowi juga berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemulihan ekonomi regional pascapandemi dan memperdalam kerja sama ASEAN-China di bidang perdagangan, pariwisata, investasi, dan lain-lain. 

Baca juga: China-ASEAN Expo bukukan 86 investasi senilai Rp565 triliun
Baca juga: Presiden Xi janjikan pendanaan tanggap COVID-19 di ASEAN

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020