Jakarta (ANTARA) - Lembaga komisi komunikasi Amerika Serikat (FCC) menolak proposal yang memungkinkan penumpang pesawat udara melakukan panggilan suara di dalam pesawat menggunakan smartphone mereka.

Pilot dan pramugari, dikutip dari Phone Arena, Senin, "sangat menentang" ide tersebut sejak awal.

Pada 2013, FCC melihat rencana yang akan memungkinkan panggilan dalam penerbangan berlangsung di atas 10.000 kaki yang merupakan aturan di beberapa negara Eropa.

Namun, hal itu menyebabkan pelanggan pesawat terbang melawan balik gagasan tersebut karena mereka membayangkan dipaksa duduk di sebelah orang yang mengoceh dengan keras di perangkat mereka.

Hal senada juga diungkapkan anggota komisi yang memperkirakan bahwa jika proposal tersebut dibiarkan lolos, penumpang yang menggunakan telepon mereka di tengah penerbangan dapat menghadapi amukan dari orang lain yang berada pada penerbangan yang sama.

Pada 2017, Ketua FCC Ajit Pai, yang ditunjuk oleh Presiden AS Donald Trump, mengisyaratkan bahwa badan tersebut tidak akan mengizinkan proposal itu lolos.

Selain menjaga kesopanan di pesawat, pembatasan penggunaan ponsel saat berada di dalam pesawat dirancang untuk mencegah perangkat mengganggu peralatan yang digunakan oleh pilot untuk komunikasi, kontrol penerbangan dan navigasi.

Pada tahun yang sama, juru bicara asosiasi pramugari, Taylor Garland, memperjelas posisi asosiasi tersebut. "Kami sangat menentang panggilan suara di pesawat," ujar dia. Pramugari Frontier Airlines, Cassandra Michele Brown, khawatir penumpang tidak dapat mengikuti arahan pramugari jika pesawat perlu dievakuasi karena sibuk dengan ponsel mereka.

Meskipun penumpang pesawat terbang tidak dapat melakukan atau pun menerima panggilan saat terbang dengan pesawat komersial, beberapa maskapai penerbangan, seperti Jet Blue, memberi penumpang WiFi gratis yang memungkinkan mereka mengirim dan menerima pesan teks menggunakan aplikasi, bukan koneksi seluler, misalnya iMessage dan WhatsApp.

Baca juga: Samsung Galaxy S9 kantongi sertifikasi FCC

Baca juga: iPhone X kantongi sertifikasi FCC

Baca juga: Kantongi ijin Kementerian Komunikasi Jepang, Sony Xperia Z4 kunjungi FCC

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020