Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Lakers dikabarkan telah sepakat menjalin kontrak dua tahun dengan center Marc Gasol yang musim lalu memperkuat Toronto Raptors, demikian menurut sebuah sumber seperti dilaporkan ESPN, Minggu atau Senin WIB.

Penandatanganan kontrak tersebut disegerakan sebagai upaya Lakers mencegah Gasol bergabung dengan klub lain yang juga tertarik memakai jasa big man asal Spanyol itu, bahkan mungkin dengan tawaran yang lebih menarik.

Untuk memberi ruang bagi Marc Gasol, Lakers juga dikabarkan melepas center JaVale McGee ke Cleveland Cavaliers .

Baca juga: Davis Bertans perpanjang kontrak 5 tahun dengan Wizards

Gasol sebenarnya menjadi draft Lakers pada tahun 2007 tetapi haknya ditukar ke Memphis Grizllies untuk mendapatkan saudaranya, Pau Gasol.

Marc menjadi andalan Grizzlies dari tahun 2008 hingga 2019. Sementara Pau pergi dari Lakers tahun 2014, tapi dia membuat catatan sejarah dengan membantu Lakers menjadi juara NBA dua kali berturut-turut pada 2009 dan 2010.

Setelah meninggalkan Grizzlies, Marc bermain untuk Toronto Raptors. Tepatnya di pertengahan musim saat dia dilibatkan dalam pertukaran pemain. Raptors mendapatkan Gasol, sebaliknya Grizzlies mendapatkan CJ Miles, Jonas Valanciunas, dan Delon Wright.

Baca juga: Bogdanovic ditawari kontrak 72 juta dolar oleh Hawks

Gasol mampu membantu Raptors menjadi juara NBA 2019 setelah mengalahkan Golden State Warriors dalam enam gim final. Pada bulan Juni 2019, Marc Gasol menggunakan opsi perpanjangan kontrak untuk bertahan di Raptors. Namun.pemain bertahan terbaik tahun 2012-13 mengalami cedera. Ia hanya tampil 44 gim di musim 2019-2020, dengan catatan rata-rata 7,5 poin, 6,3 rebound, dan 3,3 assist per gim.

Pada playoff NBA 2020 di "gelembung" NBA di dekat Orlando, Marc Gasol tampil dalam 11 gim dengan mencetak rata-rata 6,0 poin, 4,4 rebound, dan 2,6 assist per gim.

Baca juga: Mitchell teken kontrak perpanjangan 163 juta dolar di Jazz
Baca juga: Gasol pemain kedua kawinkan gelar juara NBA dan Piala Dunia FIBA

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020