Surabaya (ANTARA) - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto melepas Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran yang akan bertugas sebagai Kapolda Metro Jaya dengan penyematan cincin dan pengalungan bunga di Makodam V/Brawijaya di Surabaya, Kamis.

"Saya sudah mengenal Irjen Pol Mohammad Fadil sebagai sosok yang tegas, profesional, dan humanis. Dengan ini saya mewakili seluruh Prajurit TNI mengucapkan selamat bertugas di tempat baru, sebagai Kapolda Metro Jaya," ujarnya.

Selain menyematkan cincin dan bunga, Pangdam turut serta mengikuti prosesi pedang pora untuk melepas Irjen Fadil Imran.

Baca juga: Lemkapi: Irjen Fadil tegas saat Jadi Kapolda Jatim

Baca juga: Irjen Nico Afinta jabat Kapolda Jatim gantikan Fadil Imran

Suharyanto menyebut, meski menjabat sebagai Kapolda Jatim hanya dalam kurun waktu enam bulan, namun Fadil Imran sudah masuk ke segala komponen masyarakat di Jawa Timur.

"Beliau sudah masuk ke segala komponen masyarakat seperti tokoh agama, seperti halnya kiai sepuh di Jatim. Dan beliau sudah berinteraksi dan berhubungan dengan baik. Terlebih lagi soal sinergitas TNI dan Polri," ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas penghargaan yang diberikan oleh jajaran TNI Kodam V/Brawijaya dan jajaran TNI se-Garnisun Tetap III Surabaya atas terjalinnya sinergitas baik.

Menurut dia, berkat hubungan kolaboratif jajaran TNI dan Polri kondisi di Jatim tetap aman kondusif.

Selain itu, kolaborasi TNI-Polri membuat penyebaran COVID-19 di Jatim bisa ditekan serendah mungkin.

"Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oleh Jajaran TNI, baik Angkatan Laut, Darat maupun Udara. Serta kolaborasi yang baik saat menghadapi pandemi COVID-19 di Jatim, sehingga saat ini status aktif COVID-19 di Jatim saat ini rendah," katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolda berpamitan kepada anggota TNI untuk mengemban tugas baru sebagai Kapolda Metro Jaya.

Dirinya juga berterima kasih karena berkat dukungan TNI dapat mengemban tugas sebagai Kapolda Jatim selama enam bulan dengan baik.

"Saya mohon pamit kepada semua jajaran TNI, saya akan mengemban jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada TNI, tanpa dukungan TNI saya tidak bisa menjalankan tugas dengan baik," kata Fadil.

Baca juga: Harapan tinggi masyarakat Jatim kepada Irjen Pol Fadil Imran

Meski dirinya akan menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, perwira tinggi Polri itu meminta sinergitas antara TNI dan Polri di Jatim tetap solid sehingga wilayah tersebut tetap dalam kondisi aman dan damai.

"Sehingga Jatim tetap dalam kondisi aman dan damai. Terlebih lagi tahun ini akan menghadapi Pilkada serentak pada 9 Desember 2020," tutur Fadil.

Baca juga: Kapolri ganti Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar

Baca juga: Anggota DPR: Pencopotan Kapolda sinyal imbauan keras Kapolri


 

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020