Jambi (ANTARA) - Bandara Sultan Thaha Jambi mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI sebagai peringkat ke-2 bandara sehat di Indonesia.

"Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan ini setelah dilakukan penilaian yang ketat terhadap bandara di seluruh Indonesia, dimana salah satu indikatornya adalah penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID 19," kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Indra Gunawan di Jambi, Rabu.

Adapun indikator lain yang menjadi penilaian bandara sehat yakni penyelenggaraan kesehatan lingkungan di bandara, penataan sarana dan fasilitas, peningkatan prilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan kesehatan dan keselamatan kerja. Selanjutnya peningkatan keamanan dan ketertiban serta forum kelembagaan.

Baca juga: Perkantoran di Sintang, Kalbar, disiplin terapkan protokol kesehatan

Dijelaskan Indra Gunawan, tujuan dari anugerah bandara sehat tersebut untuk mewujudkan wilayah bandar udara yang tidak menimbulkan resiko kesehatan masyarakat. Serta mewujudkan kondisi wilayah bandar udara yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk komunitas bandar udara dalam melaksanakan aktivitasnya.

Terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini. Dimana penerapan protokol kesehatan COVID-19 menjadi sangat penting untuk dilaksanakan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Keberhasilan Bandara Sultan Thaha meraih peringkat ke-2 pada ajang penilaian Bandara Sehat ini tidak lepas dari dukungan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Jambi dan komunitas Bandara serta masyarakat luas," kata Indra Gunawan.

Selain itu, Kementerian Perhubungan turut memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penilaian bandara sehat tersebut. Serta Kementerian turut memberikan dorongan agar penerapan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat dapat dilaksanakan dengan baik untuk menuju Indonesia sehat.

"Safe travel campaign" yang telah dilaksanakan di Bandara Sultan Thaha sejak Juli 2020 tersebut semakin kuat karena telah mendapat pengakuan dan regulator dari Kementerian Kesehatan. Serta keberhasilan meraih penghargaan tersebut secara langsung menambah optimisme PT Angkasa Pura II untuk selalu dapat memenuhi standar keselamatan, keamanan dan pelayanan dam operasional dan prosedur lain termasuk aspek kesehatan.

"Selain itu Bandara Sultan Thaha juga mendapat nilai yang cukup memuaskan dalam survey kepuasan pelanggan dengan mendapat score 4,79 pada penilaian Customer Satisfaction Index yang diselenggarakan oleh INACA pada tahun 2019 serta meraih bintang 4 pada penilaian toilet umum bandar udara Indonesia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Toilet Indonesia," kata Indra Gunawan.

Baca juga: Bandara Lombok raih predikat Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat 2020
Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali raih sertifikat inisiasi koridor sehat

 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020