Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka pelaksanaan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menginisiasi berbagai program berbasis Pemberdayaan Masyarakat, salah satunya adalah peresmian Kebun Bibit Desa oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Desa Muktisari, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat.

KBD adalah unit persemaian sederhana yang dibangun di Desa melalui fasilitasi UPT Ditjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian LHK. Program KBD ini telah dimulai sejak tahun 2019. Untuk wilayah kerja BPDASHL Indragiri Rokan yang meliputi Provinsi Riau dan Sumatera Barat telah dibangun sebanyak 37 unit KBD pada 2020 dengan jumlah bibit sebanyak 1.480.000 batang, termasuk salah satunya yang ada di Desa Muktisari.

Menteri LHK Siti Nurbaya meresmikan KBD sebagai bentuk apresiasi kinerja dan kreatifitas kelompok masyarakat di Desa Muktisari, terkhusus Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya dalam pelaksanaan pembangunan KBD dan juga berbagai aktifitasnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

"KBD di Desa Muktisari ini diharapkan dapat berkembang menjadi unit pembibitan mandiri yang mampu mensuplai kebutuhan bibit bagi masyarakat maupun mendukung program Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Sebagaimana pesan Bapak Presiden, pembangunan harus sejalan dengan pemulihan lingkungan sebagaimana yang dilakukan oleh kelompok tani di sini," kata Menteri Siti.

Menteri Siti juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, KTH, LSM, PKSM, Para Rimbawan-Rimbawati serta seluruh lapisan masyarakat atas komitmen dan kerjasama yang baik dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan di Provinsi Riau, Menteri LHK juga menyerahkan bantuan berupa truk pengangkut sampah sebanyak 4 unit dan motor pengangkut sampah sebanyak 25 unit yang akan didistribusikan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Polda Riau, Korem 031 Wira Bima, dan sejumlah lembaga lainnya.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat. Saya mengajak kita semua untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan, dan tetap bersemangat membangun hutan agar lestari demi kesejahteraan masyarakat," kata Menteri Siti.

KBD Muktisari memiliki 40 ribu batang bibit dengan 16 macam jenis tanaman. Bibit-bibit KBD akan didistribusikan dan ditanam di seluruh wilayah Desa Muktisari dan sekitarnya yang perlu direhabilitasi atau dihijaukan kembali.

Jenis bibit di KBD Muktisari diantaranya Petai, Matoa, Pinang, Mahoni, Cempedak, Manggis, Gaharu, Tampui, Durian, Aren, Nyamplung, dan Ketapang Kencana.

KBD Muktisari adalah unit persemaian sederhana yang dibangun di Desa Muktisari melalui fasilitasi UPT Ditjen PDASHL, BPDASHL Indragiri Rokan KLHK. Ini merupakan satu dari 37 KBD yang dilaksanakan di Provinsi Riau. KBD Muktisari dikelola oleh Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya atau KTH SEBAR, yang diketuai oleh H Kijan dan memiliki anggota aktif 40 orang.

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020