BerandaMas dapat dimiliki oleh masyarakat umum, tidak hanya karyawan PGN saja
Jakarta (ANTARA) - Melalui BerandaMas yang dikelola PT Permata Graha Nusantara (PGN Mas) selaku anak perusahaan PGN, menawarkan hunian menyediakan kawasan pintar berbasis gas bumi dan ramah lingkungan.

BerandaMas berada di kawasan yang cukup strategis dan terpadu di Kawasan Vida Bekasi, Jalan Raya Narogong km 11, Bentargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang mengintregrasikan kawasan hunian dan komersial.

Direktur Komersial PGN Faris Azis dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, menjelaskan bahwa BerandaMas merupakan Indonesia First Energy Base House Estate.

BerandaMas didukung oleh fasilitas dan infrastruktur dari PGN Group, seperti jaringan pipa gas rumah tangga (jargas), fasilitas internet yang tersambung melalui jaringan Fiber Optik PGNCOM, jaringan utilitas listrik dari PLN, dan menggunakan solar panel. Semua jaringan tersebut berada di bawah tanah, sehingga tidak ada kabel-kabel bersliweran antar rumah.

Baca juga: PGN kejar pembangunan jargas APBN 2020

“Dengan jargas akan lebih aman karena pemasangan pipa gas dilakukan oleh teknisi yang bersertifikasi di bidangnya dan akan selalu dimonitor secara berkala. Jargas juga lebih ramah lingkungan dan praktis dengan gas yang mengalir 24 jam. Dengan jargas yang harganya lebih murah, akan dapat menghemat biaya energi sekitar 50 persen setiap bulannya,” jelas Faris.

Faris melanjutkan teknologi Fiber Optic Network dapat membuat akses internet di BerandaMas dapat lebih cepat dan eksklusif, dengan kecepatan hingga 10Mbps dan koneksi internet yang lebih stabil.
Perumahan BerandaMas kawasan hunian berbasis gas bumi dan ramah lingkungan.yang cukup strategis dan terpadu d Jalan Raya Narogong km 11, Bentargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang mengintregrasikan kawasan hunian dan komersial. ANTARA/HO/Humas PGN
Kemudian solar panel berfungsi untuk menyerap energi sinar matahari yang dikonversi menjadi listrik. Dengan kapasitas 1300 (WP) Wattpeak, maka dapat menghemat penggunaan listrik saat siang hari. Dampak yang dapat dirasakan, adanya penghematan yang bisa mencapai 40 persen per bulan.

Dengan didesain oleh Andra Martin, yang merupakan Desainer Top Kenamaan Dunia, BerandaMas mengedepankan konsep hidup hijau yang mengutamakan pencahayaan dan sirkulasi udara alami.

Baca juga: PGN latih UMKM tingkatkan pendapatan di tengah pandemi

“BerandaMas juga berkonsep rumah pintar  yang memudahkan penghuni untuk menyalakan dan mematikan perangkat elektronik di dalam rumah dengan menggunakan smartphone,” tambah Faris.

Dari sisi keamanan, BerandaMas didesain satu pintu (one gateway) untuk memasuki kawasan perumahan yang disertai CCTV. Selain itu, dilengkapi dengan IP Live Camera sehingga penghuni dapat mengontrol keamanan rumah dari jarak jauh sekalipun.

“BerandaMas dapat dimiliki oleh masyarakat umum, tidak hanya karyawan PGN saja. Semua unit juga available atau ready stock dengan harga mulai dari Rp 800 juta. Jadi siap huni kapan saja. Bagi yang tertarik dan ingin visit ke BerandaMas dapat membuat appointment dengan tim marketing yang selalu siap menemani,” ujar Faris.

Faris menyebut BerandaMas merupakan wujud pilot project layanan beyond gas bumi yang sebentar lagi akan diperluas dalam layanan terintegrasi, sebagai perwujudan salah satu Program Gasifikasi Nasional, Sapta PGN, bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Inovasi dan transformasi era disrupsi bisnis gas bumi

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020