Jakarta (ANTARA) - Podcast Kesehatan Masyarakat (Podkesmas) merayakan ulang tahun pertama dengan berbagi ilmu seputar dunia podcast dalam acara yang diikuti oleh 1000 podcaster.

Podkesmas yang dihuni nama-nama seperti Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia dan Angga Nggok itu mengadakan kegiatan Podkesclass untuk berbagi pengalaman dalam menjalankan podcast kepada para podcaster baru.

"Kita sharing sama podcaster baru dan Alhamdulillah kita buat tiga sesi karena minatnya luar biasa sekali. Ada seribu lebih podcaster yang gabung bersama kita untuk sharing sessions dan tanya jawab," kata Surya Insomnia dalam jumpa pers virtual, Minggu.

Baca juga: Rayakan HUT RI ke-75, pemerintah gelar lomba video hingga podcast

"Dengan adanya 1000 orang podcaster yang join kita jadi tahu ekosistem podcast di Indonesia sudah sebegitu besarnya. Mungkin ini adalah media baru untuk kebanyakan orang di Indonesia," sambung Surya yang juga dikenal sebagai presenter TV tersebut.

Selama satu tahun berdiri, Podkesmas berhasil menduduki urutan pertama dalam daftar podcast paling populer di Indonesia yang ada di Spotify.

Ananda Omesh mengatakan pada awalnya mereka tidak menyangka bahwa Podkesmas dapat disambut dengan antusias oleh pendengarnya.

"Awal kita bikin Podkesmas karena keresahan kita sih. Kita pengen berkarya tanpa dibatasi. Kita basic kan penyiar radio, presenter TV. Kita pengen kasih karya baru," ujar Omesh.

Baca juga: Spotify luncurkan fitur video untuk podcast

Kini Podkesmas bahkan tak hanya sebatas sekumpulan podcaster saja melainkan telah melebarkan sayap dengan membuat Podkesmas Asia Network.

"Podkesmas Asia Network adalah sebuah agensi yang di dalamnya ada podcaster Indonesia yang memang sangat luar biasa. Ada temen-temen kita yang ikut di sini," kata Omesh menerangkan.

Podkesmas juga mengembangkan bisnis merchandise yang dikeluarkan dalam rangka ulang tahun pertama berkolaborasi dengan Never To Lavish yang dikenal sebagai salah produk kreatif lokal.

Baca juga: FFI ungkap seluk-beluk dunia film lewat Podcast Cerita Sinema

Baca juga: Kisah Stray Kids hadir dalam podcast Spotify For The Record

Baca juga: Kominfo dukung Kelas Belajar Podcast Siberkreasi, target 5.000 peserta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020