Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menilai para santri merupakan bagian dari pembangunan menuju Indonesia maju karena dengan akhlak baik yang dimiliki, bisa membawa NKRI menjadi lebih baik.

"Santri merupakan bagian dari pembangunan menuju Indonesia maju, Dengan akhlak baik tentu bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik ke depannya di tengah pandemi COVID-19," kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Santri berperan besar penanganan COVID-19 di pesantren

Dia mengatakan peringatan Hari Santri 2020 merupakan hal yang berbeda karena bangsa Indonesia saat ini berada dalam situasi pandemi COVID-19.

Karena itu dirinya mengajak para Santri untuk dapat tetap terus berkarya dan selalu semangat dalam menimba ilmu dan menyebarkan akhlak mulia di tengah masyarakat.

Menurut dia, santri merupakan bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia karena ikut andil dalam memerdekakan bangsa ini dan kehadiran Pesantren merupakan salah satu pendidikan yang dapat merubah karakter dan membentuk karakter seseorang menjadi lebih baik.

Baca juga: Cak Imin harap pesantren jadi solusi darurat pendidikan nasional

"Jika Karakter generasi bangsa ini terus membaik, maka saya optimis bangsa ini akan terus maju melalui pendidikan karakter," ujarnya.

Dia juga berharap agar para santri dapat menjadi salah satu garda terdepan dalam memutus mata rantai COVID-19 dan mendorong pemerintah untuk terus memberikan perhatian secara terus menerus terutama Pemerintah Daerah di wilayah Indonesia.

Baca juga: Peran santri di masa krisis

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020