Mukomuko (ANTARA) - Satuan Lalu LIntas Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap kepada pengguna kendaraan roda empat dan dua tidak hanya mematuhi peraturan lalu lintas tetapi juga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami harapkan kepada masyarakat dalam masa Operasi Zebra 2020, selain mematuhi peraturan kendaraannya, juga memenuhi aturan dan mematuhi protokol kesehatan,” kata Kasat Lantas Polres Kabupaten Mukomuko Iptu Dendi Putra dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko akan melaksanakan Operasi Zebra 2020 selama 14 hari mulai dari tanggal 26 Oktober hingga 6 November 2020 di seluruh wilayah kabupaten setempat.

Baca juga: Polisi siap tindak pelanggar protokol kesehatan saat Pilkada

Sesuai dengan arahan dan petunjuk Operasi Zebra 2020 akan melakukan tiga tahapan, yakni preventif 40, represif 40 persen dan penegakan disiplin protokol kesehatan 20 persen.

Ia mengatakan pihaknya selalu menggunakan protokol kesehatan di setiap berkendaraan dengan roda empat dan roda dua, yakni menggunakan masker dan “physical distancing” atau jaga jarak.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya akan memberikan sanksi kepada pengguna kendaraan roda empat dan dua yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Polisi tindak tegas massa pendukung yang tak taat protokol kesehatan

Baca juga: Polisi bakal tindak tegas pelanggar protokol kesehatan saat Pilkada


“Kita berikan sanksi berupa teguran kepada pengendara mobil dan sepeda motor yang tidak memakai masker. Sampai sekarang belum ada sanksi lain bagi pelanggar protokol kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan pihaknya akan memetakan sejumlah lokasi atau titik yang tersebar di sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah ini yang ramai kendaran lewat dan rawan kecelakaan untuk lokasi Operasi Zebra 2020.

“Kami upayakan lokasi Operasi Zebra 2020 ini di seluruh wilayah di daerah ini atau di seluruh wilayah yang berada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah ini,” ujarnya.
#satgascovid19
#ingatpesenibupakaimasker
#jagajarak

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020