Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi mengatakan dalam satu tahun masa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, proses konsolidasi politik berjalan dengan baik sehingga menunjang stabilitas politik.

Menurut anggota DPR yang biasa disapa Awiek tersebut hal itu merupakan satu dari beberapa catatan terkait satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. 

"Stabilitas politik sudah bagus yaitu dengan berhasilnya konsolidasi politik sehingga jalannya pemerintahan lebih lancar," kata Awiek di Jakarta, Selasa.

Baca juga: MPR: Satu tahun pemerintahan, sinergi antar-menteri harus ditingkatkan
Baca juga: Sahroni beri catatan hukum-HAM satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: Bamsoet dorong Jokowi-Ma'ruf terus adaptif dan inovatif


Sementara itu catatan dalam bidang hukum, menurut dia masih ada tantangan penegakan supremasi hukum. Awiek mencontohkan kasus DJoko Tjandra yang melibatkan aparat kejaksaan dan kepolisian telah mencoreng institusi penegak hukum.

Dalam sektor ekonomi, menurut dia, perlu mendapatkan perhatian serius apalagi saat ini Indonesia di ambang ancaman resesi akibat pandemi COVID-19.

"Memang ini gejala global yang juga terjadi dI negara-negara lain, tapi setidaknya Indonesia memiliki antisipasi sendiri yang tidak sama dengan negara-negara lain," ujarnya.

Awiek mengatakan dari sisi konsolidasi internal pemerintahan sempat ada persoalan ketika koordinasi antar kabinet tumpang tindih, bahkan beberapa kali terjadi miskomunikasi.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020