Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla Inc membawa Tesla Roadster untuk pertama kalinya mendekati planet Mars.

Dikutip dari CarsCoops, Selasa, langkah Tesla kali ini merupakan kelanjutan dari program dua setengah tahun lalu saat mereka menembakkan Tesla Roadster generasi pertama ke orbit.

Seperti yang dicuitkan akun Twitter Space X, mereka menginformasikan bahwa Roadster dan Starman, "penumpang" yang mengenakan prototipe baju luar angkasa SpaceX, melakukan pendekatan dengan Mars pada 8 Oktober.

Baca juga: Tesla berencana kenalkan Roadster versi produksi di Basel

Baca juga: Produksi Tesla bisa tembus 500 ribu unit pada 2020


Kendati demikian, Tesla Roadster tidak sepenuhnya dekat dengan planet yang memiliki nuansa merah itu, karena sebenarnya jarak mobil listrik berada di 0,05 astronomical unit atau di bawah 5 juta mil dari Mars.

Dalam sebuah situs web bernama 'Where is Roadster?' yang dioperasikan oleh programmer Ben Pearson, melacak posisi langsung dari Starman dan mengungkapkan bahwa mobil itu berada 129 juta mil dari Matahari dan bergerak ke arahnya dengan kecepatan 13.637 mil per jam (21.947 km per jam).

Elon Musk, meluncurkan Tesla ke luar angkasa dengan roket Falcon Heavy dari SpaceX pada 6 Februari 2018.

Pecinta lingkungan menilai Tesla telah "mengirimkan sampah ke luar angkasa tanpa alasan yang jelas".

Baca juga: Tesla menang gugatan kasus pencurian data oleh mantan pegawai

Baca juga: Tesla akan hadir di India pada 2021

 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020