Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan bahwa ajang Good Design Indonesia (GDI) 2020 yang digelar di tengah pandemi merupakan wujud komitmen Kementerian Perdagangan dalam meningkatkan kualitas produk lokal agar dapat bersaing di pasar global.

"Kemendag akan terus berkomitmen dalam mendorong dan mendukung pelaku bisnis untuk dapat mengembangkan produknya, antara lain melalui pengembangan desain, kemasan produk di masa pandemi dan menggali peluang pasar ekspor," kata Mendag saat peluncuran GDI 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa.

Mendag menyampaikan, GDI yang akan dilaksanakan tahun depan merupakan suatu penguatan program sebagai wujud komitmen Kemendag dalam upaya mengembangkan peroduk ekspor melalui peningkatan desain dan kualitas produk ekspor.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Kemendag perpanjang pendaftaran GDI 2020

Implementasi penjurian GDI di Jakarta merupakan seleksi awal menuju tahap seleksi kedua (second screening) GDA di Tokyo, Jepang.

Setiap tahun, Kemendag memfasilitasi para pemenang berpredikat “GDI of the Year and GDI Best” untuk mengikuti kompetisi dan pameran tahunan GDA di Jepang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan Muhri menyampaikan bahwa proses seleksi GDI 2020 telah dilaksanakan sejak Januari 2020 dan dilakukan secara offline dan online dengan mempertimbangkan protokol kesehatan pandemi COVID-19.

Baca juga: Kemendag tambah kategorisasi produk pada ajang GDI

Penjurian tahap satu telah dilaksanakan secara virtual pada 15-16 april 2020, sedangkan penjurian tahap dua dilaksanakan pada 16-18 Juni 2020. Selanjutnya, berdasarkan hasil penjurian tersebut, tim juri GDI 2020 memutuskan, satu produk meraih predikat GDI Of the year, 15 produk meraih predikat GDI Best 2020, dan 10 produk meraih predikat GDI.

"Dapat kami laporkan juga bahwa dari 16 produk GDI yang didaftarkan pada ajang desain terbesar dan tertua di dunia, yaitu Good Design Award (GDA/G-Mark), sebanyak enam produk GDI berhasil meraih penghargaan G-Mark 2020," ungkap Kasan.

Ia menambahkan, Kemendag optimistis menggelar kembali GDI 2021 dengan membuka kembali pendaftaran yang dapat diakses secara online mulai 7 Januari 2021.

"Semua produk akan disaring oleh tim dewan juri. Silahkan mempersiapkan diri," pungkas Kasan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020