PTPN IV pastikan jual teh secara ritel dalam tahun 2020

PTPN IV pastikan jual teh secara ritel dalam tahun 2020

Produk teh PTPN IV (ANTARA/Istimewa (Humas PTPN IV))

PTPN IV, PTPN IV Pastikan Jual (ANTARA) - Manajemen PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV memastikan menjual bubuk teh produk perusahaan itu ke pasar ritel dalam tahun ini juga (2020).

"Sudah dipastikan penjualan ritel bubuk teh PTPN IV dalam tahun 2020 ini juga. Saat ini, sedang dalam proses,"ujar Corporate Communication PTPN IV, Syahrul Aman Siregar di Medan, Senin.

Dia mengatakan itu saat dikonfirmasi soal rencana penjualan teh PTPN IV ke pasar ritel.

Syahrul menyebutkan, untuk tahap awal, bubuk teh yang dijual ke pasar ritel itu dalam dua kemasan yakni 100 gram dan 250 gram. "Mereknya Butong dan Tobasari sesuai nama kebun teh PTPN IV,"ujarnya.

Kebun Teh PTPN IV ada di Bah Butong dan Tobasari, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut

Menyoal tentang harga jual belum bisa ditingkatkan karena menunggu saat dilepas ke pasar. "Nanti ya soal harganya.Yang pasti penjualan secara ritel teh akan dilakukan dalam tahun ini juga,"ujar Syahrul.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, sebelumnya, mengatakan, harga jual teh di pasar luar negeri belum menggembirakan akibat banyak faktor.

Untuk menutupi harga pokok dan mendapat 'margin'/keuntungan, katanya, korporasi akan melakukan diversifikasi produk dan penjualan teh secara ritel.

Penjualan teh secara ritel juga dilakukan Board of Manajemen (BOM) PTPN IV karena merasa terpanggil untuk membangkitkan kembali keberadaan teh itu sebagai komoditas yang menghasilkan laba bagi perusahaan.

Serta mempertahankan kebanggaan Sumut/Indonesia sebagai salah satu penghasil teh serta menjadi salah satu kawasan wisata agro.

"Peluang pasar teh hijau maupun teh hitam dalam kemasan di dalam negeri masih cukup besar karena minat masyarakat mengggunakan teh celup masih tinggi juga, ujarnya.
Pewarta : Evalisa Siregar
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020