Enam rumah warga rusak akibat kebakaran di Penajam Paser Utara

Enam rumah warga rusak akibat kebakaran di Penajam Paser Utara

Kebakaran terjadi di wilayah permukiman RT 12 Kelurahan Jenebora, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin dini hari (28/9/2020). (HO BPBD PPU)

Penajam (ANTARA) - Kebakaran yang meliputi permukiman warga di Kelurahan Jenebora, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin pukul 00.45 waktu setempat menyebabkan enam rumah warga rusak, dua rusak berat dan empat rusak ringan.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, kebakaran menyebabkan kerusakan berat pada dua rumah yang dihuni oleh empat keluarga yang terdiri atas 15 orang.

Kebakaran di RT 12 Kelurahan Jenebora juga menyebabkan rumah empat keluarga yang lain mengalami kerusakan ringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara Nurlaila mengatakan, begitu mendapat laporan warga mengenai kejadian kebakaran tersebut petugas pemadam kebakaran dari PT BFI langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman bersama warga setempat.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pos Maridan dan Pos Sotek pun bergerak menuju lokasi kebakaran dan kembali ke pos setelah mendapat informasi bahwa api sudah berhasil dikendalikan.

"Tim dari BPBD pun langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pendataan, termasuk langsung melakukan pemenuhan kebutuhan logistik bagi warga dan korban terdampak, terutama nasi bungkus dan air minum, sambil melakukan pendataan lebih lanjut," kata Nurlaila.

Menurut dia, petugas pemadam kebakaran selesai melakukan pendinginan pukul 03.00 dini hari.

Upaya pemadaman kebakaran melibatkan personel PT BFI, BPBD, Pos Polisi Jenebora, Pemerintah Kelurahan Jenebora, Potensi SAR Jenebora, dan warga setempat. 

Nurlaila mengatakan bahwa petugas berwenang masih menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di Kelurahan Jenebora.

 Baca juga:
Kebakaran di Penajam Paser Utara Kaltim menghanguskan enam rumah
Gudang popok dan produk kecantikan di Kabupaten Malang terbakar
Pewarta : M.Ghofar
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020