Pengunjung Kebun Binatang Rimba Pall Merah Jambi turun 75 persen

Pengunjung Kebun Binatang Rimba Pall Merah Jambi turun 75 persen

Pengunjung kebun binatang taman rimba jambi dimasa pandemi COVID-19.(ANTARA/Nanang Mairiadi/Elmayani)

Jambi (ANTARA) - Jumlah pengunjung Kebun Binatang (KB) Taman Rimba Pall Merah Jambi, selama pandemi COVID-19 mengalami penurunan sekitar 75 persen di mana sebelumnya per  hari bisa mencapai 200 orang, saat ini maksimal hanya 50 orang.

"Biasanya Kebun Binatang Pall Merah Jambi sebelum pandemi COVID-19 pengunjungnya bisa mencapai 200 orang per hari, namun di masa pandemi corona kali ini hanya bisa 50 orang yang masuk ke kebun binatang tersebut dan itu ramai saat akhir pekan," kata Kepala UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Endang Purnamawati di Jambi, Kamis.

Baca juga: Sembilan warga Kota Jambi terkonfirmasi positif, empat sembuh

KB Taman Rimba Jambi beberapa bulan lalu selama tutup selama empat bulan dan tidak menerima kunjungan dan baru pada Maret 2020 hingga bulan ini di buka kembali untuk pengunjung.

"Untuk membuka kembali Taman Rimba setelah tutup kemarin itu ada persyaratannya mempertimbangkan protokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan, cek suhu tubuh, memakai masker dan membatasi pengunjung dikurangi 50 persen dari biasanya," kata Endang Purnamawati.

Baca juga: Gubernur Jambi resmikan laboratorium PCR COVID-19

Ditambahkannya, tidak ada kendala untuk dalam pembiayaan pakan binatang yang ada di Taman Rimba selama pandemi COVID-19 meskipun pengunjung sepi dan sempat tutup karena kita di bawah naungan pemerintah yakni Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Jambi sehingga masih ada anggarannya, jadi untuk biaya pakan hewan sudah disediakan selama satu tahun.

Sebelum pandemi COVID-19, Taman Rimba Jambi memang sering dikunjungi oleh anak sekolah dari wilayah Provinsi Jambi di mana seharinya bisa sampai 10 sekolahan mulai dari TK hingga SMP yang masuk ke kebun binatang ini bahkan kalau sebelum pandemi corona biasanya pengunjung pada hari libur bisa sampai 200 orang namun sekarang menurun drastis hingga 75 persen per hari.

Baca juga: Museum Siginjei Jambi pamerkan koleksi keramik

Di masa pandemi COVID-19 Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, bagi pengunjung masuk harus mematuhi protokol kesehatan menyediakan tempat cuci tangan, cek suhu tubuh di pintu masuk, menganjurkan jaga jarak antar pengunjung dan mewajibkan memakai masker.

Sementara itu Tia, salah seorang pengunjung Taman Rimba Jambi, mengatakan waktu untuk menghibur anak-anak nya yang selama pandemi sekolah daring, jadi anak-anak bosan di rumah sehingga saya ajak anak-anak ke sini sambil mengedukasi anak-anak tentang jenis-jenis binatang yang ada di kebun binatang itu.

Baca juga: Tes usap COVID-19 mandiri Jambi aktif kembali, sehari uji 100 sampel

 
Pewarta : Nanang Mairiadi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020