Kemarin, revisi pertumbuhan ekonomi hingga penyaluran Banpres

Kemarin, revisi pertumbuhan ekonomi hingga penyaluran Banpres

Lokasi pelabuhan Patimban (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (22/9) kemarin, mulai dari revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi 2020 hingga realisasi penyaluran Banpres untuk UMKM yang mencapai 64 persen.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Presiden instruksikan pembangunan Pelabuhan Patimban dipercepat

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas mengenai Percepatan Proyek Strategis Nasional Patimban melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, mengatakan kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan penting bagi pertumbuhan dan perdagangan di wilayah Jawa Barat.

2. Sri Mulyani perkirakan ekonomi 2020 tumbuh minus 1,7-minus 0,6 persen

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan revisi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk 2020 dari semula minus 1,1 persen hingga 0,2 persen menjadi minus 1,7 persen sampai minus 0,6 persen.

“Kementerian Keuangan melakukan revisi forecast pada September ini yang sebelumnya kita memperkirakan untuk tahun ini minus 1,1 hingga positif 0,2 kemudian forecast terbaru kita adalah kisaran minus 1,7 hingga minus 0,6 persen,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa.

3. KAI tambah stasiun layani tes cepat COVID-19

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah daftar stasiun yang menyediakan layanan tes cepat (rapid test) COVID-19 menjadi total tersedia di 21 stasiun per 22 September 2020.

"Penambahan stasiun yang melayani rapid test ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka menerapkan protokol kesehatan pada perjalanan kereta api," ujar Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

4. DJP segera tunjuk sembilan perusahaan tambahan pungut pajak digital

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan segera menunjuk sembilan perusahaan lagi yang memenuhi kriteria sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas barang dan jasa digital yang dijual kepada pelanggan di Indonesia.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo di Jakarta, Selasa, mengatakan melalui tambahan sembilan perusahaan ini, maka total sebanyak 37 perusahaan atau badan usaha telah ditunjuk sebagai pemungut PPN digital.

5. Realisasi penyaluran Banpres untuk UMKM capai 64 persen

Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyatakan realisasi penyaluran Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk UMKM senilai Rp2,4 juta/UKM hingga 21 September 2020 mencapai 5.909.647 usaha mikro atau sekitar 64,50 persen.

Staf Khusus Kemenkop-UKM Riza Damanik di Jakarta, Selasa mengatakan pemerintah memberikan bantuan kepada 12 juta usaha mikro, masing-masing usaha mikro mendapatkan Rp2,4 juta untuk mengantisipasi dampak pandemi COVID-19.

 

 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020