PTPN IV alokasikan dana Rp3 miliar dukung program pemulihan ekonomi

PTPN IV alokasikan dana Rp3 miliar dukung program pemulihan ekonomi

Ilustrasi - Pekerja mengangkut daun teh usai dipetik di perkebunan PTPN VI, Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Senin (3/8/2020). ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj/am.

Jakarta (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV mengalokasikan dana Rp3 miliar untuk mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan dan Program Corporate Social Responsibility (CSR) di tiga bulan terakhir pada 2020 ini.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, menyampaikan Program Kemitraan akan disalurkan ke 113 mitra binaan dalam bentuk kredit lunak.

Kemudian, lanjut dia, ada tujuh objek di sektor sosial kemasyarakatan, pendidikan dan pelatihan, sarana ibadah, dan atau prasarana umum untuk Program Bina Lingkungan dan sembilan objek untuk program CSR.

Baca juga: Kadin: Ada 7 terobosan yang harus dijalankan pemerintah atasi COVID-19

"Rencana penyalurannya di sekitar operasional PTPN IV yang tersebar di 10 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara," ujarnya.

Sucipto mengatakan mitra binaan PTPN IV berasal dari berbagai sektor usaha di antaranya, sektor industri, perdagangan, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan jasa.

"Selain mendapatkan kucuran kredit lunak, mitra binaan PTPN IV juga mendapatkan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas usaha," katanya.

Baca juga: Menko Airlangga: Realisasi PEN capai 36,6 persen

Untuk program Bina Lingkungan dan CSR PTPN IV, lanjut dia, perusahaan juga menyalurkan di berbagai sektor, seperti sektor sosial kemasyarakatan dalam upaya pengentasan kemiskinan, memperbaiki sarana dan prasarana umum dan rumah ibadah.

Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim mengatakan berbagai program itu sebagai upaya yang dilakukan PTPN IV dalam mengimplementasikan slogan #BUMNUntukIndonesia.

Baca juga: Satgas PEN: 398.000 pegawai honorer pendidikan terima subsidi gaji

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020