Sampit (ANTARA) - Sebuah helikopter dikerahkan untuk mengatasi kebakaran yang terjadi  di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, sepanjang Kamis pagi hingga sore, dengan lokasi dan luasan lahan terbakar berbeda-beda.

"Mulai ada kebakaran lahan. Hari ini ada empat titik yang ditangani," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur Muhammad Yusuf melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Politik Yephi Hartady di Sampit, Kamis.

Yephi menjelaskan, titik kebakaran lahan itu di antaranya terjadi di Kecamatan Cempaga. Berdasarkan titik koordinat, kebakaran lahan itu terjadi di Desa Jemaras.

Baca juga: KLHK ingatkan pemegang konsesi wajib cegah karhutla di wilayahnya

Sebuah helikopter dikerahkan untuk memadamkan api dari udara dengan sistem 'water bombing' karena lokasinya cukup luas. Tim di darat juga bergerak menuju lokasi untuk memastikan api benar-benar padam.

Belum dipastikan apakah kebakaran tersebut masuk dalam areal perusahaan perkebunan atau tidak. Namun dari foto udara terlihat kebakaran terjadi dalam satu hamparan dengan luas tanah yang terbakar diperkirakan mencapai enam hektare.

Kebakaran lainnya terjadi di Kecamatan Telawang. Ada sekitar dua hektare lahan terbakar di kecamatan ini. Selain itu ada pula kebakaran lahan terjadi di Jalan HM Arsyad km 7 dengan luas lahan terbakar tidak sampai satu hektare.

Kejadian ini membuat pihaknya semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran lahan. Potensi kerawanan kebakaran mulai meningkat meski hujan sesekali masih terjadi.

Baca juga: BPBD Balangan siaga kebakaran hutan dan lahan

Kebakaran lahan ini menyita perhatian BPBD karena saat ini Kotawaringin Timur juga dihadapkan pada musibah lainnya yaitu pandemi COVID-19 dan banjir yang masih harus ditangani.

Yephi mengajak masyarakat dan perusahaan untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan. Terlebih bagi perusahaan besar, ada konsekuensi yang harus ditanggung jika lalai sehingga terjadi kebakaran lahan di areal konsesi mereka.

"Pemantauan terus dilakukan untuk mencegah dan menangani kebakaran lahan. Helikopter juga disiagakan untuk 'water bombing' (pengemboman air), khususnya untuk lokasi-lokasi yang sulit dijangkau melalui jalur darat," demikian Yephi.

Baca juga: Kapolda Kalsel akan tindak tegas pelaku pembakar lahan
Baca juga: Sarwono ungkap penanganan kebakaran hutan saat ini jauh lebih baik

Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020