Tim SAR temukan salah seorang korban tenggelam Pantai Logending

Tim SAR temukan salah seorang korban tenggelam Pantai Logending

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jenazah Ika Listiyani yang ditemukan di sekitar Pantai Menganti, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (16/9/2020) pagi. ANTARA/HO-Basarnas Cilacap/am.

Purwokerto (ANTARA) - Tim search and rescue (SAR) gabungan berhasil menemukan salah seorang dari dua korban tenggelam di Pantai Logending, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

"Korban atas nama Ika Listiyani (20), warga Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pagi ini, pukul 07.20 WIB," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Jenazah Ika ditemukan oleh tim SAR gabungan saat melakukan penyisiran di sekitar Pantai Menganti, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, yang berjarak sekitar 3 mil ke arah tenggara dari lokasi kejadian.

Baca juga: Basarnas Cilacap cari korban tenggelam di Kebumen dan Purworejo

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, kata dia, jenazah Ika selanjutnya dibawa ke Puskesmas Ayah untuk menjalani pemeriksaan tim medis sebelum dipulangkan ke rumah duka di Banyumas.

"Dengan ditemukannya jenazah Ika Listiyani, operasi SAR untuk mencari wisatawan yang tenggelam di Pantai Logending dinyatakan ditutup. Seluruh potensi SAR yang terlibat dalam operasi tersebut telah dikembalikan ke kesatuan masing-masing, termasuk satu regu Basarnas KPP Cilacap," katanya.

Kendati demikian, Nyoman mengatakan bahwa satu regu Basarnas KPP Cilacap lainnya beserta sejumlah potensi SAR hingga saat ini masih menggelar operasi SAR di Pantai Logending guna mencari seorang nelayan yang tenggelam akibat perahunya terbalik setelah dihantam gelombang tinggi.

Menurut dia, nelayan bernama Rimin (40), warga Desa Banjarsari RT 06 RW 02, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, dilaporkan tenggelam pada hari Senin (14/9) sekitar pukul 12.50 WIB.

Peristiwa nahas itu terjadi saat korban bersama rekannya, Edi Suyatno (25), warga Desa Banjarharjo RT 06 RW 02, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, hendak pulang setelah mencari ikan di laut.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan satu wisatawan hilang di Pantai Jetis Cilacap

Namun, lanjut dia, sesampainya di pintu masuk Pelabuhan Pantai Logending, perahu yang mereka tumpangi dihantam gelombang dari arah belakang hingga terhempas dan tenggelam.

Akibat kejadian itu, kedua nelayan tersebut turut tenggelam dan salah seorang di antaranya, yakni Edi Suyatno berhasil diselamatkan oleh tim SAR gabungan dan segera dievakuasi ke Puskesmas Ayah, Desa Demangsari, Kabupaten Kebumen.

"Korban atas nama Edy Suyatno diselamatkan oleh tim SAR gabungan yang kebetulan saat itu sedang melakukan pencarian terhadap seorang wisatawan asal Banyumas atas nama Ika Listiyani yang dilaporkan tenggelam di Pantai Logending pada hari Sabtu (12/9) dan jenazahnya ditemukan tadi pagi," katanya.
Pewarta : Sumarwoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020