Sorong (ANTARA) - Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati dan Orideko Iriano Burdam menjalani pemeriksaan kesehatan sekaligus pemeriksaan COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Jhon Piet Wanane Kabupaten Sorong, Selasa.

Ketua KPU Raja Ampat Steven Eibe mengatakan bahwa pemeriksaan calon tunggal AFU-ORI dilakukan berdasarkan standar pemeriksaan kesehatan yang dikeluarkan oleh KPU bagi calon kepala daerah meliputi kesehatan jasmani, rohani, bebas penyalahgunaan narkotika dan bebas COVID-19.

Menurut dia, pasangan AFU-ORI merupakan bakal calon bupati dan wakil bupati yang terakhir menjalani proses pemeriksaan kesehatan di RSUD Jhon Piet Wanane, setelah sebelumnya tiga daerah yang melaksanakan pilkada yaitu Kabupaten Kaimana, Sorong Selatan dan Kabupaten Fakfak melaksanakan tahapan yang sama.

"Sesuai keputusan bersama RSUD Jhon Piet Wanane menjadi rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah yang melakukan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Sorong Raya termasuk Kabupaten Raja Ampat," ujarnya

Pasangan AFU-ORI selain menjalani swab test COVID-19, juga menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani seperti pemeriksaan kesehatan gigi, syaraf, ortopedi, neurologi, penyakit dalam dan lain-lain.

Sekretaris Tim Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah RSUD Jhon Piet Wanane Jhon Patty yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa hasil pemeriksaan pasangan AFU-ORI dinyatakan negatif COVID-19.

"Hasil swab pasangan tersebut sudah keluar dan tim dokter sudah umumkan mereka berdua dinyatakan negatif atau bebas COVID-19," ujarnya.

Sementara pasangan AFU-ORI mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena mereka berdua telah melewati satu fase pemeriksaan yang menegangkan yaitu pemeriksaan sampel swab, dan hasilnya dinyatakan negatif atau bebas COVID-19.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020