Yayasan ini didirikan sebagai ruang gagasan bagi anak cucu KH Abdul Wahab Chasbullah bersama masyarakat dalam melanjutkan dakwah dan perjuangan Kyai Wahab,
Jakarta (ANTARA) - Keturunan KH Abdul Wahab Chasbullah akan mendirikan Yayasan Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation untuk membumikan pemikiran pendidikan, ekonomi dan sosial budaya dari ulama terkemuka sekaligus pejuang kemerdekaan tersebut.

"Yayasan ini didirikan sebagai ruang gagasan bagi anak cucu KH Abdul Wahab Chasbullah bersama masyarakat dalam melanjutkan dakwah dan perjuangan Kyai Wahab," kata salah satu pembina Yayasan Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation KH M Hasib Wahab melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Yayasan tersebut akan diluncurkan di Ndalem Kasepuhan PP Al-Lathifiyah I Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur pada Minggu malam.

Pendirian yayasan tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan nilai dan cita-cita perjuangan KH Abdul Wahab Chasbullah dalam memajukan kemaslahatan masyarakat Indonesia di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya agar tercipta semangat berkarya yang berdaya saing di era kemajuan teknologi dan globalisasi.

"Dakwah dan perjuangan Kyai Wahab berusaha mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera lahir batin, berkeadilan sosial dengan menjunjung tinggi nilai-nilai cinta tanah air yang berlandaskan nilai-nilai Islam Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyah, sehingga dapat mengembangkan pandangan Islam moderat bagi seluruh umat manusia," tutur KH Hasib.

Ketua Yayasan Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation Jaenal Effendy mengatakan peluncuran yayasan tersebut akan dihadiri beberapa tokoh secara fisik maupun virtual.

Beberapa tokoh yang direncanakan hadir antara lain Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Pejabat Rais Aam Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Agil Siradj, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, dan penceramah KH Ahmad Muwafiq.

KH Abdul Wahab Chasbullah (1887-1971) dikenal sebagai ulama sekaligus pejuang kemerdekaan dengan pemikiran yang progresif dan lintas batas dan pergaulan yang menembus komunitas dan kelompok pejuang yang beragam.

Kyai Wahab merupakan perintis, pendiri, dan penggerak Nahdlatul Ulama yang dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo pada 7 November 2014. 

Baca juga: Ormas Islam berperan nyata dalam perjuangan kemerdekaan

Baca juga: PBNU luncurkan mushaf Ar Risalah dilengkapi kekayaan ornamen Nusantara

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2020