Khofifah berharap industri kreatif dan seni kembali menggeliat, namun dengan sangat kehati-hatian karena masih dalam masa pandemi COVID-19.
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sepakat menggelar konser dengan mendatangkan Ari Lasso di era normal baru.

"Ini uji coba pertama di Indonesia dan kebetulan Jatim dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan," ujar Gubernur Khofifah usai bertemu dengan Gus Ipul di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin malam.

Menurut dia, pergelaran konser nantinya dipastikan dengan format protokol kesehatan ketat seperti membatasi jumlah penonton, pembelian tiket daring, wajib bermasker hingga jaga jarak.

Baca juga: Ari Lasso bantu 10 ribu masker merah putih di Surabaya

Lokasinya, kata dia, direncanakan di panggung terbuka di area wisata Ngopibareng Pintu Langit di Desa Ledug, Kabupaten Pasuruan, milik Gus Ipul dan dijadwalkan berlangsung pada 12 September 2020.

Melalui gelaran tersebut, Khofifah berharap industri kreatif dan seni kembali menggeliat, namun dengan sangat kehati-hatian karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Jadi, ini bertahap, lalu bertingkat dan berlanjut. Penjualan tiketnya secara daring, kapasitas hanya 1.200 orang sampai 1.300 orang dari kapasitas normal mencapai 13 ribu orang, dan digelar sore hari di alam terbuka," katanya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga mengaku telah bertemu dengan Ari Lasso membahas konsep hingga detail, kemudian meminta Gus Ipul bertemu Kapolda Jatim membicarakan pengamanan serta jumlah personel, termasuk dengan TNI.

Baca juga: Ariel Noah tantang Sule dan Ari Lasso cukur rambut sendiri

Sementara itu, Gus Ipul menegaskan pertemuannya dengan gubernur untuk meminta arahan tentang pengembangan wisata di era normal baru.

"Nah, kebetulan Ari Lasso punya program even yang cocok dengan era normal baru sehingga orang bisa mendengarkan sajian musik, tapi tetap kesehatan terjaga. Kami tadi membicarakan rencana itu dan semoga terlaksana," tuturnya.

Gus Ipul juga memastikan bahwa pengunjung yang tak bertiket dilarang masuk, namun tetap disediakan media daring agar penikmat musik, khususnya penggemar Ari Lasso menyaksikan konser secara virtual.

"Kami sudah siapkan channel youtube yang bisa disaksikan langsung dan dari mana saja. Yang jelas, penonton di lokasi nantinya dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat," kata Wagub Jatim periode 2009-2019 tersebut.

Selain Ari Lasso, terdapat juga bintang tamu lain yang dijadwalkan menjadi pengisi acara, salah satunya pedangdut Via Vallen, dan host direncanakan Luna Maya.

Baca juga: Artis yang bangkit dari narkoba dan sukses berkarya

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020