Kami mengoperasionalkan tiga perjalanan ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya akan mengoperasikan dua kereta api (KA), yakni KA Ambarawa dan KA Logawa sebagai antisipasi meningkatkannya arus balik masyarakat usai liburan Tahun Baru Islam 1442 H.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto di Surabaya, Jumat, mengatakan dua KA ini akan melakukan tiga perjalanan jarak menengah dan jauh, yakni relasi dari Surabaya menuju Jember, Purwokerto dan Semarang.

"Dengan adanya penambahan tiga perjalanan KA penumpang ini, total hingga akhir Agustus 2020, Daop 8 Surabaya telah menjalankan 26 KA penumpang jarak menengah/jauh dan 46 KA lokal yang beroperasi," katanya.

Ia mengatakan, daftar tiga perjalanan KA penumpang jarak menengah/jauh dimulai tanggal 23 Agustus 2020 dari dari KA Ambarawa relasi Surabaya Pasar Turi-Semarang, kemudian KA Logawa/KA 297c relasi Surabaya Gubeng-Purwokerto, serta KA Logawa/KA 299) relasi Surabaya Gubeng-Jember.

"Kami mengoperasionalkan tiga perjalanan ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," katanya.

Ia menjelaskan, para penumpang yang naik kereta api diharuskan memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

"Kami juga bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia menyediakan layanan Rapid Test COVID-19 seharga Rp85.000 di tiga stasiun kelas besar di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi dan stasiun Malang. Ketiga stasiun tersebut merupakan stasiun pemberangkatan awal bagi pelanggan yang akan naik Kereta Api Jarak Jauh," katanya.

Khusus untuk pelanggan KA jarak jauh akan diminta menunjukkan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test, mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Baca juga: Daop 8 Surabaya jalankan 2 KA jarak jauh Bandung dan Jakarta

Baca juga: KA Turangga kembali layani perjalanan Jakarta-Surabaya mulai hari ini

Baca juga: KAI Daop Surabaya maksimalkan kereta barang saat PSBB

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020