Cimahi (ANTARA News) - Wali Kota Cimahi, Itoc Tochija, mengajak para wartawan mengheningkan cipta untuk almarhum Mantan Presiden RI keempat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Jabar, Jumat..

Hening cipta untuk Gus Dur, dilakukan saat itu para wartawan meliput acara Refleksi Akhir Tahun 2009 dan Tasayur Nikmat kemenangan Tim Palang Merah Remaja (PMR) Kota Cimahi.

"Marilah sejenak tundukkan kepala untuk mengheningkan cipta bagi almarhum KH Abdurrahman Wahid yang meninggal kemarin. Semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT," kata Wali Kota Cimahi, Itoc Tochija.

Seluruh wartawan dan seluruh orang yang hadir di acara tersebut langsung mengheningkan cipta selama sekitar 1 menit dengan membacakan Al Fatihah yang dipimpin oleh Wali Kota Cimahi.

Mantan Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid meninggal dunia di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) sekitar pukul 18.45 WIB.

Tim dokter Kepresidenan mengatakan, Gus Dur mengalami komplikasi penyakit stroke, diabetes, dan jantung. Sebelum meninggal dunia, Gus Dur sempat kritis pada pukul 18.15 WIB.

Gus Dur dirawat sejak 26 Desember 2009 lalu. Kondisinya sempat membaik setelah menjalani perawatan.

Namun, pada hari Rabu siang (30/12) , kondisi Gus Dur memburuk dan kritis. Pada pukul 18.45 WIB, Gus Dur dinyatakan meninggal dunia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010