Pemprov Papua: Tidak ada tamu dari PNG hadiri upacara HUT RI

Pemprov Papua: Tidak ada tamu dari PNG hadiri upacara HUT RI

Forkompimda Papua mengikuti upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura. (ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebut tidak ada tamu dari Papua Nugini (PNG) yang menghadiri Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI seperti tahun-tahun sebelumnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musaad, di Jayapura, Senin, mengatakan hal ini dikarenakan di masa pandemi COVID-19 semuanya masih dibatasi termasuk keluar masuk dari dan ke luar negeri.

"Jadi memang semua belum bebas seperti biasanya sehingga memang tidak ada tamu dari luar," katanya.

Menurut Musaad, pelaksanaan upacara kali ini pun spesial karena COVID, sehingga dilakukan secara sederhana, namun diharapkan tetap khidmat.

Baca juga: Upacara HUT Proklamasi di Papua Barat digelar sederhana

Baca juga: Konvoi bendera bawah laut Raja Ampat memeriahkan HUT RI


"Kami juga berharap, meskipun dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi semangat dalam mengisi kemerdekaan," ujarnya.

Dia menjelaskan, khususnya untuk generasi muda sebagai penerus bangsa, diharapkan dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

Sebelumnya, biasanya setiap tahun perwakilan dari negara tetangga yakni Papua Nugini menghadiri upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Stadion Mandala Jayapura Papua.

Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat PNG pada 16 Agustus sudah berbondong-bondong datang untuk ikut menyaksikan semarak perayaan HUT RI di Jayapura maupun beberapa kabupaten yang berbatasan langsung dengan PNG.*

Baca juga: Bendera merah putih 75 meter dibentang di Edera Mappi

Baca juga: Usul pembangunan Jembatan Pulau Mansinam-Papua Barat disambut Bappenas
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020