Sambut HUT RI, Petugas TPU Karet Bivak gendong bendera sambil kerja

Sambut HUT RI, Petugas TPU Karet Bivak gendong bendera sambil kerja

PJLP pembabat di TPU Karet Bivak menggendong Bendera Merah Putih merayakan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia. ANTARA/HO-TPU Karet Bivak.

Jakarta (ANTARA) - Petugas penyedia jasa lainnya orang perorang (PJLP) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak punya cara yang unik merayakan hari Kemerdekaan RI ke-75 dengan menggendong Bendera Merah Putih sambil melakukan pekerjaannya.

Kepala TPU Karet Bivak Saiman mengatakan ide tersebut muncul akibat pandemi COVID-19, jika biasanya untuk merayakan kemerdekaan para petugas di TPU itu melakukan perlombaan maka tahun ini untuk menghidupkan nuansa kemerdekaan para petugas PJLP  pemangkas rumput menggendong bendera Merah Putih seraya memangkas rumput-rumput di TPU itu untuk pemeliharaan.

Baca juga: Upacara 17 Agustus di Balai Kota Jakarta hanya diikuti 100 peserta

"Jadi hal itu memang baru ya. Kalau biasanya kita adakan lomba-lomba untuk merayakan kemerdekaan. Nah karena COVID-19 ya kita kan harus menaati protokol kesehatan. Jadi ya ini siasat para PJLP untuk menghadirkan dan merayakan kemerdekaan di TPU Karet Bivak," ujar Saiman saat dihubungi, Senin.

Saiman mengatakan petugas yang menggendong bendera seraya bertugas itu berjumlah 11 orang.

Baca juga: Anies dalam sambutan HUT RI soroti masih adanya warga yang pesimis

Dimulai pada hari Kamis (14/8) bersamaan dengan perayaan hari pramuka hingga Selasa (18/8), para PJLP itu melakukan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 75 RI sembari menggendong Bendera Kebangsaan RI itu.
 
PJLP pembabat di TPU Karet Bivak menggendong Bendera Merah Putih merayakan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia. (ANTARA/HO/ Dokumentasi TPU Karet Bivak)


Diharapkan dengan adanya nuansa perayaan Kemerdekaan RI, para petugas di TPU Karet Bivak dapat terus merasakan semangat nasionalisme di usia Indonesia yang menginjak 75 tahun itu.

"Itu terlihat sederhana, tapi ya membekas juga untuk kami. Dapat menghadirkan nuansa Perayaan Kemerdekaan Indonesia di TPU," ujar Saiman.

Baca juga: Pelanggar masker meningkat, Anies harap warga makin waspada COVID

Selain menggendong bendera, dengan memanfaatkan teknologi para petugas PJLP di TPU Karet Bivak juga merayakan HUT ke-75 RI dengan mengadakan kompetisi virtual.

"Jadi kami juga ikut lomba virtual, masing-masing unit itu kan ada banyak ada PJLP penggali kubur, PJLP pembabat yang pangkas rumput, PJLP kebersihan, hingga keamanan. Mereka masing-masing kita minta bikin video kreatif tema Kemerdekaan. Nah itu gak cuma di TPU Karet Bivak, tapi juga dengan TPU Pasar Baru yang masuk ke TPU zona 1," ujar Saiman.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020