Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang III OASE Kabinet Indonesia Maju Tri Tito Karnavian mengatakan bahwa Kartini Run tahun ini akan digelar secara virtual pada Ahad 2 Agustus 2020.

Tri menyebut penyelenggaraan Kartini Run telah memasuki tahun ketiga. Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan dengan start di Gelora Bung Karno, kali ini dilakukan secara individu.

Semestinya Kartini Run tahun ini diadakan pada 12 April 2020. Namun, karena pandemi COVID-19, pelaksanaan Kartini Run 2020 dijadwal ulang.

Panitia pun memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan lomba lari Kartini Run 2020 di Gelora Bung Karno dan mengadakan Virtual Kartini Run dengan kategori 10K dengan target peserta 500 orang.

Baca juga: Ibu Negara lepas peserta lomba lari Kartini Run 2019

Baca juga: Polda Metro siapkan pengalihan lalu lintas saat "Kartini Run"


"Virtual Kartini Run ini juga diadakan untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini," katanya.

Menurut Tri, jumlah peserta telah mencapai target yakni 500 orang.

"Jumlah peserta sudah penuh, 500 orang dari seluruh wilayah Indonesia," kata Tri yang juga Penasehat Kartini Run ini.

Tri berharap melalui Virtual Kartini Run 2020, bisa memotivasi masyarakat untuk tetap semangat berolah raga.

Dalam Virtual Kartini Run 2020, peserta berlari secara mandiri di tempat tinggalnya masing-masing.

Sebelum berlari, peserta harus mendaftar tautan Zoom Meeting dengan ID yang akan diinformasikan dan bergabung di challenge Virtual Kartini Run 2020 pada aplikasi Endomondo.

Pengukuran serta pengunggahan data jarak, waktu lari dan data pemenang dapat diakses melalui aplikasi Endomondo.

Para peserta bisa berlari di luar ruangan ataupun bisa berlari di dalam ruangan menggunakan treadmill.

Para peserta acara Virtual Kartini Run 2020 tidak dipungut biaya.

Setelah menyelesaikan lomba, para peserta Virtual Kartini Run 2020 akan diberikan medali yang akan dikirim lewat jasa pengiriman.

Berbeda dengan virtual run lainnya yang tidak menentukan pemenang, Virtual Kartini Run 2020 akan menetapkan juara dari peserta pria dan wanita.

"Akan ditentukan juaranya. Di board Endomondo akan terlihat siapa pelari dengan waktu tercepat. Kemudian akan diverifikasi sesuai ketentuan," kata Ketua Panitia Virtual Kartini Run 2020 Shinta Istiono.

Dalam lomba ini, disediakan 200 doorprize, diantaranya sejumlah kartu Brizzi dengan saldo Rp200 ribu per kartu dan dua buah jam Garmin Forerunner.

Kartini Run 2020 merupakan acara perlombaan lari yang diselenggarakan oleh Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB), Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Bersatu (OASE KIM), Persatuan Olah Raga Wanita Seluruh Indonesia (Perwosi) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).*

Baca juga: Pameran otomotif, properti dan lomba lari di Jakarta hari ini

Baca juga: Ibu Iriana Jokowi lepas lomba lari Kartini Run 2018

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020