Kreativitas menjadi kunci keberhasilan e-commerce saat lebaran

Kreativitas menjadi kunci keberhasilan e-commerce saat lebaran

E-commerce menjadi sarana belanja warga selama pandemi COVID-19. (ANTARA/Ganet Dirgantoro)

Jakarta (ANTARA) - Survei di Jakarta dan Bodetabek menunjukkan kreativitas dalam membuat fitur-fitur baru menjadi kunci sukses bagi perusahaan e-commerce dalam menggaet pembeli saat lebaran.

"Survei memperlihatkan semakin banyak fitur baru dan beragam akan semakin meningkatkan konsumen untuk berbelanja," kata Direktur Snapcart, Astrid Wiliandry saat mengumumkan hasil survei terhadap sejumlah perusahaan e-commerce selama lebaran 2020, Jumat.

Menurut Astrid, kreativitas membuat fitur-fitur baru sangat penting dalam membangun komunikasi dengan konsumen online agar mereka tidak mudah bosan dan terus ada sesuatu yang baru dan menarik.

Survei Snapcart dilakukan terhadap sejumlah perusahaan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.ID, Akulaku, OLX dan sebagainya.

Baca juga: Survei: Mahasiswa inginkan lapangan pekerjaan
Baca juga: 4,8 juta UMKM ditargetkan dapat dana PEN


Sedangkan fitur dan program yang disukai konsumen dalam berbelanja daring memperlihatkan penawaran diskon belanja masih yang paling disukai, baik dalam bentuk cashback atau hadiah belanja.

"Para milenial menyukai fitur-fitur berbentuk flash games karena lebih interaktif,” kata Astrid.

Astrid juga menjelaskan selama bulan Ramadan dan Hari Raya Lebaran merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia.

“Di saat kebijakan physical distancing telah diberlakukan, masyarakat mencari opsi lain yang lebih aman bagi mereka untuk tetap memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dari rumah," ujarnya.

Untuk semakin meningkatkan awareness konsumen selama bulan Ramadan dan Hari Raya Lebaran 2020 semua situs belanja online menambah berbagai fitur baru, aplikasi jualan baru yang menarik dan menawarkan program serta gimmick baru di portalnya.
Pewarta : Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020