para kades adalah ujung tombaknya pemerintah karena bersentuhan langsung dengan masyarakat
Medan (ANTARA) - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin mengajak para kepala desa (kades) di Kabupaten Batubara menyosialisasikan penerapan tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19.

Kapolda Sumut saat kunjungan kerja di Desa Air Hitam, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumut, Selasa, mengatakan kades merupakan ujung tombak pemerintah karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Baca juga: Pemprov Sumut tunggu arahan normal baru dari pusat

"Saya datang ke Batubara untuk memberikan motivasi kepada seluruh kades agar semangat dalam menjalankan tugas.Sebab, para kades adalah ujung tombaknya pemerintah karena bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujarnya.

Martuani mengatakan salah satu yang berkaitan dengan kades adalah penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) dalam upaya membantu masyarakat terdampak COVID-19. Menurut dia, penyalurannya harus jelas dan transparan.

Baca juga: Gubernur: Penerapan normal baru di Sumut dijadwalkan 1 Juli 2020

"Apabila ada kendala dalam pembagian BLT dampak COVID-19 untuk segera melaporkan kepada camat dan bupati sehingga persoalannya dapat dibicarakan, serta diselesaikan," kata jenderal bintang dua itu.

Kapolda juga menyampaikan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang sudah sangat merusak jiwa generasi muda. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta membantu polisi memberantas narkoba.

Baca juga: Bandar Udara Kualanamu siap jalankan prosedur normal baru

"Saya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas terhadap para bandar narkoba," kata mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu.

Turut hadir dalam kegiatan sosial tersebut, Bupati Batubara Zahir, Kapolres Batubara AKBP Ikwan Lubis, dan Ketua Bhayangkari Polda Sumut Ny Risma Martuani Sormin.

Baca juga: Pemprov Sumut siapkan kemungkinan penerapan normal baru

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020