Demi keselamatan warga yang sedang mengalami banjir, untuk itu pada pukul 19.00 WITA kami mulai mengamankan aliran listrik agar tidak dialirkan terlebih dahulu
Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar memadamkan 70 gardu listrik di sejumlah wilayah yang terendam banjir di Jeneponto dan Bantaeng, Sulawesi Selatan.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Ismail Deu di Makassar, Sulsel, Sabtu mengatakan listrik harus dipadamkan sementara akibat banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Jeneponto dan Bantaeng pada Jumat (12/6/2020) petang.

"Demi keselamatan warga yang sedang mengalami banjir, untuk itu pada pukul 19.00 WITA kami mulai mengamankan aliran listrik agar tidak dialirkan terlebih dahulu ke lokasi-lokasi yang terendam banjir," ujar Ismail.

Baca juga: Bupati Bantaeng: Banjir bandang karena hujan dan tanggul cekdam rusak

Adapun desa yang dilakukan pemutusan listrik per pukul 19.00 WITA di wilayah Kabupaten Jeneponto yakni Rumbia, Jombe, Sepanang, Munthe, Tino, Lebang Manai, Balang, dan Pallantikang.

Sedangkan sejumlah wilayah Kabupaten Bantaeng yang juga dilakukan pemadaman yakni Onto, Kayu Loe, Bonto Sunggu, Bonto Saluang, Bonto Lebang, Kelurahan Bonto Attu, Bonto Cinde, Kelurahan Bonto Jai, Bonto Lanfkasa, dan Bonto Loe.

Ismail mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mematikan listrik dari miniature circuit breaker (MCB), mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan menempatkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

"Serta menghubungi Contact Center 123 atau kantor PLN terdekat untuk memadamkan daerah terdampak banjir," katanya.

Setelah banjir surut, kata Ismail, PLN akan segera melakukan upaya perbaikan serta penormalan secepatnya akibat banjir di Jeneponto dan Bantaeng.

Selain itu, warga diimbau untuk menghubungi contact center PLN123 untuk dapat dinyalakan kembali.

Ia meminta masyarakat untuk memastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering sehingga PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik yang akan dioperasikan dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

Baca juga: Banjir bandang kepung Desa Rumbia Kabupaten Jeneponto
Baca juga: PLN listriki lima desa di Kabupaten Luwu Timur Sulsel


Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020