Kediri (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID–19 Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, mengungkapkan dua warga Kabupaten Nganjuk, telah dinyatakan sembuh dari COVID-19, sehingga total pasien yang sudah sembuh di Nganjuk sebanyak 18 orang.

"Kami menyampaikan kabar gembira dengan telah sembuhnya dua orang pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif. Kedua pasien tersebut sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID–19 Kabupaten Nganjuk dr Hendriyanto dalam keterangannya di Nganjuk, Rabu.

Dua pasien yang sudah sembuh tersebut adalah Rienda Yonika Adisty (20), asal Kecamatan Nganjuk. Ia merupakan pasien yang terkonfirmasi nomor 10 dari kluster rekreasi. Yang bersangkutan merupakan anak dari pasien yang terkonfirmasi nomor 8 yang juga telah dinyatakan sembuh. Selama ini, pasien tersebut dirawat di RSUD Nganjuk.

Sedangkan, pasien yang kedua adalah Moh. Ardiyan (15), asal Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Ia merupakan pasien yang terkonfirmasi nomor 13 dari kluster Temboro, Nganjuk. Selama ini pasien tersebut juga dirawat di RSUD Nganjuk.

Baca juga: 2 warga Nganjuk sembuh dari COVID-19

Baca juga: Dua warga Nganjuk sembuh dari COVID-19, total sembuh tujuh pasien


Dengan sembuhnya dua orang tersebut, total pasien sembuh di Kabupaten Nganjuk saat ini sudah sebanyak 18 orang dari 32 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID–19 Kabupaten Nganjuk juga menambahkan, Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat juga sangat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh tim medis, sehingga semakin banyak warga Nganjuk yang berhasil sembuh.

"Bupati menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim medis dan paramedis yang telah berjuang merawat para pasien. Bupati juga terimakasih kepada semua pihak termasuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Nganjuk yang telah berjuang bersama, bersinergi melawan COVID-19," kata dr Hendriyanto.

Lebih lanjut, Bupati Novi juga ikut menyampaikan terimakasih juga kepada masyarakat yang dengan disiplin telah melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona terutama di Nganjuk.

"Dengan sembuhnya beberapa pasien tadi, Bupati berharap semoga akan disusul sembuhnya pasien-pasien yang lain. Bupati juga mengimbau masyarakat Nganjuk tetap mematuhi imbauan pemerintah dan disiplin menjalankan protokol kesehatan," ujar dr Hendriyanto.

Sementara itu, protokol kesehatan yang dimaksud yakni tidak berpergian bila tidak perlu, mengenakan masker bila keluar rumah, menghindari kerumunan, menghindari kontak fisik termasuk berjabat tangan, selalu jaga jarak.

Selain itu, juga dianjurkan agar rajin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Masyarakat juga diharapkan tetap tenang, tidak panik tanpa meninggalkan kewaspadaan dan selalu hati-hati. (*)

Baca juga: 2 warga Nganjuk sembuh dari COVID-19

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020