Toserba Yogya di Ciamis ditutup karena ada pegawai positif COVID-19

Toserba Yogya di Ciamis ditutup karena ada pegawai positif COVID-19

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau pemeriksaan kesehatan bagi karyawan Toserba Yogya di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Ciamis)

Ciamis (ANTARA) - Toko serba ada (Toserba) Yogya di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ditutup karena ada seorang pegawai positif COVID-19 setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan uji swab.

"Mulai hari ini tanggal 29 Mei 2020 Toserba ditutup sementara atas kesadaran pihak manajemen Toserba, sehubungan hasil swab yang dilaksanakan 22 Mei 2020 ada yang positif COVID-19," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melalui siaran pers Humas Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jumat.

Ia menuturkan, karyawan Toserba Yogya Ciamis berusia 51 tahun itu terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab yang dikeluarkan oleh Labkesda Bandung pada 28 Mei 2020.

Baca juga: 10 pasien positif COVID-19 diidentifikasi masuk klaster HOG

Adanya temuan positif itu, kata Herdiat, pihak manajemen Toserba Yogya langsung memutuskan menutup pelayanan untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan Toserba Yogya.

"Apresiasi kepada pihak manajemen Toserba yang bekerjasama dengan baik dengan menutup pelayanan dan operasional Toserba," kata Herdiat.

Ia menyampaikan, tim kesehatan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Ciamis langsung bergerak mengambil sampel dan menjalani tes PCR Swab bagi seluruh staf dan karyawan Toserba Yogya itu.

Tindakan tim medis, kata dia, untuk mendeteksi penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan Toserba Yogya sehingga penyebarannya bisa diketahui dan diatasi secara dini.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di Ogan Komering Ulu dinyatakan sembuh

"Semoga dengan dilakukannya kebijakan tersebut dapat memutus mata rantai COVID-19," katanya.

Perwakilan manajemen Toserba, Hikmat mengatakan, pelayanan akan ditutup sementara karena mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan para pegawai maupun pelanggan.

Selain menutup pelayanan, kata Hikmat, seluruh pegawai Toserba Yogya juga diperiksa kesehatannya dengan menjalani tes swab untuk mengetahui terjangkit COVID-19 atau tidak.

"Sekitar 165 karyawan dan staf Toserba telah dilakukan pengambilan sampel tes swab oleh tim gugus tugas," katanya.***3***

Baca juga: 19 warga positif COVID-19 dirujuk ke RSKD Duren Sawit
Baca juga: 5 lagi pasien sembuh COVID-19 di Batam
Baca juga: Kasus COVID-19 sembuh di Sumsel catat rekor harian tertinggi
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020