Indragiri Hilir (ANTARA) - Pasien COVID-19 di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, terus menurun, dan pada hari ini, Kamis, ada tiga pasien positif COVID-19 kembali dinyatakan sembuh dan telah diizinkan pulang ke rumah.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Inhil Trio Beni Putra, di Tembilahan, mengatakan ketiga pasien tersebut, ialah Ar (26) warga Kecamatan Reteh, KH (16) warga Kecamatan Pelangiran, dan S (17) warga Kecamatan Keritang. Ketiga pasien yang dinyatakan sembuh tersebut merupakan santri Pondok Pesantren Al-Fatah, Temboro, Magetan, Jawa Timur.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 Indragiri Hilir dinyatakan sembuh

Dengan adanya penambahan tiga orang pasien COVID-19 sembuh, jumlah pasien positif COVID-19 yang semula 11 orang kini tersisa empat orang pasien yang masih menjalani isolasi demi mendapat perawatan.

Berdasarkan data pantauan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Inhil, jumlah keseluruhan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 75 orang dengan 66 orang diantaranya dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang, tiga orang meninggal dunia dan enam orang masih menjalani perawatan.

"Kabar bahagia bagi kita, yang mana dalam kurun waktu sekitar satu bulan ini telah ada tujuh orang pasien yang sembuh. Begitu pula dengan jumlah PDP yang terus turun," katanya.

Tidak hanya jumlah PDP yang mengalami tren penurunan, penurunan juga terjadi pada jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Hingga Kamis (28/5), Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Inhil mencatat, terdapat 10.845 ODP, yang mana 10.318 orang diantaranya dinyatakan selesai pemantauan dan menyisakan 527 ODP dalam proses pemantauan. Sementara, untuk ODP meninggal dunia nihil.

"Kita patut mengapresiasi kinerja tim medis yang dengan segala daya dan upaya menekan angka pasien COVID-19. Kerja maksimal mereka dalam penanganan COVID-19 kini telah membuahkan hasil," tutur Trio.

Baca juga: Bupati Indragiri Hilir tetap ajak warganya Jumatan di masjid

Baca juga: RSUD Indragiri Hilir rawat satu lagi pasien terduga COVID-19


Ketua Tim Medis Penanganan COVID-19 Inhil dr Alexis, sebelum dinyatakan sembuh, ketiga orang pasien positif COVID-19 sempat menjalani perawatan selama beberapa waktu di rumah sakit rujukan.

"Semua pasien ini dinyatakan sembuh setelah di lakukan pemeriksaan sampel swab dan dahak dengan hasil negatif dua kali berturut turut. Pasien saat ini sudah diedukasi dan dipulangkan dengan kondisi klinik baik," kata dr Alexis.

Alexis berpesan agar seluruh pasien positif COVID-19 yang masih menjalani masa isolasi dan perawatan dapat senantiasa optimistis dan bersemangat demi kesembuhan.

Pewarta: Adriah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020