Bantul (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan dua pasien konfirmasi positif terpapar virus corona jenis baru yang dirawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul pada Kamis (28/5) dinyatakan sembuh.

"Informasi Lebaran, bahwa hari ini sembuh dua orang, semua (dua pasien) dari RSPS (RS Panembahan Senopati)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa dalam keterangan tertulis melalui aplikasi pesan di Bantul, Kamis petang.

Baca juga: Tidak ada penambahan positif COVID-19 di Bantul dalam lima hari

Dua pasien sembuh dari COVID-19 tersebut, yang pertama laki-laki berusia 48 tahun berasal dari Kecamatan Banguntapan. Pasien ini punya riwayat penularan virus corona dari klaster jamaah Tabligh Jakarta.

"Kemudian laki-laki berusia satu tahun, (riwayat penularan) dari klaster Indogrosir, dari Kecamatan Kasihan," kata Sri Wahyu yang juga Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul.

Dengan adanya dua pasien sembuh pada Kamis (28/5) ini, terjadi perubahan data pada pasien positif COVID-19 yang masih menjalani rawat inap di beberapa rumah sakit di Bantul maupun DIY, yaitu dari sebelumnya berjumlah 17 orang per 27 Mei menjadi 15 orang.

Baca juga: Seorang pasien positif dari klaster GPIB asal Bantul sembuh

Baca juga: Pengunjung Indogrosir asal Bantul yang positif COVID-19 sembuh


"Iya, tinggal 15 pasien. Semoga tidak ditemukan lagi (kasus positif) yang baru," harap pria yang akrab disapa dokter Oky tersebut.

Apalagi, berdasarkan data kasus COVID-19 yang dilaporkan Gugus Tugas COVID-19 Bantul, tidak ada penambahan pasien positif sejak Lebaran 2020 hingga 28 Mei, namun justru laporan kesembuhan pasien.

15 pasien positif COVID-19 tersebut sebarannya dari beberapa kecamatan di Bantul, yaitu Kecamatan Sedayu dua orang, Kasihan tiga orang, Banguntapan lima orang, Kecamatan Bantul, Sewon, Jetis, Pleret dan Piyungan masing-masing satu orang.

Baca juga: Delapan pasien positif COVID-19 di Bantul dinyatakan sembuh

Baca juga: Kontak erat dengan positif COVID-19, 250 warga Bantul-DIY "rapid test"


Sementara rumah sakit yang merawat pasien positif adalah RSPAU Hardjolukito dua orang, RS Bethesda satu orang, RS Lapangan Khusus COVID-19 tujuh orang, RSPS dua orang, Jogja International Hospital (JIH) satu orang, RSU Muhammadiyah PKU Bantul satu orang dan RSUP Sardjito satu orang.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020