Jakarta (ANTARA) - Masyarakat sekitar bantaran kali dekat Pos Angke Hulu diminta waspada terhadap banjir sebab berstatus siaga III atau waspada, dengan tinggi muka air 155 sentimeter dan cuaca mendung sejak Rabu pukul 00.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta seperti dikutip dalam media sosial Twitter @BPBDJakarta, meminta warga di sejumlah wilayah untuk mengantisipasi banjir seperti di Rawa Buaya, Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Kembangan Utara, Kedoya Utara, Duri Kosambi, Kapuk dan Kedaung Kaliangke.

BPBD DKI telah berupaya melakukan penyebaran informasi kepada lurah-lurah serta warga di bantaran sungai tentang kenaikan tinggi muka air Pos Angke Hulu melalui media sosial dan laman web resmi.

Baca juga: Sebagian wilayah Jakarta diperkirakan hujan pada siang dan malam hari

Selain itu, penyebaran informasi telah dilakukan melalui peringatan dini Disaster Early Warning System (DEWS), lintasan sungai Ciliwung juga telah diaktifkan.

Kemudian, pihaknya telah memberitahukan para camat dan lurah melalui grup Whatsapp kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Selain itu, bagi wilayah di kawasan di sekitar pintu air Pasar Ikan, diharap mengantisipasi banjir rob, karena berstatus siaga II atau siaga dengan tinggi muka air 255 sentimeter cuaca mendung tipis.

Warga di sejumlah wilayah seperti Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru, dan Kamal diminta waspada banjir rob.

Baca juga: BMKG: Waspadai angin kencang di Jaksel dan Jakbar

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020