Dengan menggunakan traktor tangan pekerjaan pengolahan lahan dapat selesai dengan lebih cepat
Bogor (ANTARA) - Mahasiswi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Andi Marsela Khoir mengaku harus belajar sendiri cara mengoperasikan mesin traktor tangan, demi mendampingi petani di Desa Samudrajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Saat ini saya sedang melaksanakan pengolahan lahan petak percontohan bawang merah,” terang gadis kelahiran Jambi itu, Selasa (12/5).

Mahasiswi Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Polbangtan itu menyebutkan bahwa dirinya mengoperasikan alat berat berupa traktor tangan untuk budi daya sayuran. Berbekal pengetahuan yang ia pelajari di kampus, Marsela secara mandiri mengoperasikan traktor tangan.

"Dengan menggunakan traktor tangan pekerjaan pengolahan lahan dapat selesai dengan lebih cepat," tuturnya.

Baca juga: Polbangtan Medan siapkan mahasiswanya ke perbatasan Indonesia-Malaysia

Setelah ia rampung mengolah lahan percontohan di tempat pelaksanaan tugas akhirnya itu, Marsela juga menanam tumbuhan berupa bawang merah.

Sementara itu pemilik lahan percontohan yang juga anggota Kelompok Tani Talangjaya di Desa Samudrajaya Rimin mengaku senang lantaran lahan miliknya dijadikan percontohan.

“Saya juga sangat terbantu dengan kehadiran Marsela, meskipun anak perempuan namun tidak pernah segan dan malu turun ke lahan membantu petani,” ujar Rimin.

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan ajak petani gunakan teknologi GAP saat pandemi

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020