Saya minta kepada seluruh camat siap siaga guna melakukan evakuasi secara cepat jika terjadi bencana
Aceh Besar (ANTARA) - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menginstruksikan camat di daerah itu siap siaga bencana banjir menyusul tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir. 

“Saya minta kepada seluruh camat siap siaga guna melakukan evakuasi secara cepat jika terjadi bencana,” kata Mawardi Ali di Aceh Besar, Jumat.

Baca juga: PLN Aceh padamkan sepuluh gardu terendam banjir

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau titik banjir di Aceh Besar termasuk di Vila Buana.

Menurut dia, dengan siap siaga yang dilakukan oleh camat dan instansi terkait lainnya penanganan dan evakuasi terhadap korban bencana banjir khususnya dapat dilakukan dengan cepat.

“Alhamdulillah penanganan dan evakuasi hari ini berjalan dengan cepat dan kita juga sudah siapkan perahu karet untuk melakukan evakuasi warga,” katanya.

Baca juga: Warga Banda Aceh diimbau waspada banjir akibat intensitas hujan tinggi

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di daerah rawan banjir khususnya untuk tetap siaga dan waspada mengingat intensitas hujan masih mungkin terjadi.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Aceh Besar siapkan evakuasi korban banjir

“Simpanlah surat-surat berharga ditempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir,” katanya.

Menurut dia, banjir yang terjadi di beberapa titik dan merendam sejumlah pemukiman warga tersebut diperkirakan melanda kecamatan bagian barat kabupaten itu meliputi Darul Imarah, Peukan Bada, Lhoknga, Leupung dan Lhoong.

Baca juga: Sejumlah gampong di Banda Aceh dilanda banjir

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020