Kayuagung (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, bertambah tiga orang dari sebelumnya enam orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten OKI Iwan Setiawan di Kayuagung, Senin, mengatakan saat ini sedang diselidiki tiga kasus yang merupakan transmisi lokal atau dari luar daerah.

"Kami lakukan pendalaman, baik melalui kontak maupun hasil uji lab,” kata dia.

Tiga orang warga OKI positif COVID-19 masing-masing kasus nomor 166 laki-laki berusia 30 tahun dengan inisial CSY, kasus nomor 173 laki-Laki berusia 75 tahun berinisial MN, dan kasus 176 perempuan berinisial RM berusia 35 tahun.

Baca juga: Petugas medis ambil sampel swab keluarga pasien positif corona

Baca juga: Cegah COVID, Pemkab OKI perketat pengawasan Tol Palembang-Kayuagung


Ketiga pasien ini sedang menjalani isolasi mandiri dan persiapan rujukan ke rumah sakit.

“Kami juga melakukan swab untuk orang-orang yang sempat kontak dengan tiga pasien positif ini. Sudah ada tujuh orang yang dirujuk ke ODP Center Teluk Gelam,” kata dia.

Dengan bertambahnya tiga kasus baru ini, pemkab berharap masyarakat untuk disiplin mengikuti anjuran pemerintah, menghindari kerumunan, memakai masker dan rutin mencuci tangan.

Menurutnya, semakin bertambahnya Orang Tanpa Gejala (OTG) di OKI harus menjadi perhatian semua pihak.

Pemkab mencatat pada Senin, jumlah pelaku perjalanan dari wilayah terjangkit (PPT) sampai hari ini mencapai 9.705 orang, dengan rincian dalam pemantauan 4.534 orang dan 5.171 orang selesai pemantauan.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten OKI tercatat 87 orang, selesai pemantauan 73 orang dan masih dalam pemantauan 14 orang. Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 82 orang, dan PDP sebanyak enam orang, 3 diantaranya selesai pengawasan.*

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020