Selama pandemi COVID-19, ACT DIY bagikan makanan gratis

Selama pandemi COVID-19, ACT DIY bagikan makanan gratis

ACT membagikan makanan siap santap secara gratis setiap hari kepada masyarakat prasejahtera di DIY. (ANTARA/HO-ACT DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Yogyakarta, membagikan makanan siap santap secara gratis setiap hari kepada masyarakat prasejahtera di daerah itu selama pandemi COVID-19.

Koordinator Operasi Pangan Gratis ACT DIY Kharis Pradana melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa, menjamin ketersediaan pangan masyarakat di tengah kondisi sulit seperti ini sebagai penting dilakukan karena banyak mereka yang terdampak secara ekonomi.

"Dampak pandemi ini telah menjalar hingga para pedagang kecil yang mengeluhkan karena dagangannya menjadi tidak laku, pekerja harian dan buruh yang terpaksa harus diliburkan sehingga tidak memiliki penghasilan, serta para tukang ojek yang pelanggannya turun drastis akibat adanya wabah COVID-19 ini," kata dia.

Setiap hari, ACT mendistribusikan tidak kurang 100 boks makanan siap santap untuk masyarakat secara gratis. Aksi itu berkolaborasi dengan dua warung makan di Yogyakarta, yakni Hajj Chicken dan Ayam Geprek Sa’i se-Yogyakarta.

Ia mengharapkan operasi makan gratis itu, membantu masyarakat agar lebih menghemat penghasilan sehari mereka untuk keluarga.

Untuk mengantisipasi adanya antrean saat pembagian, para relawan ACT sebelumnya telah membagikan kupon makan gratis tersebut kepada masyarakat di sekitar warung makan. Pengambilan makan gratis dapat dilakukan pada jam makan siang antara pukul 11.00-13.00 WIB.

Baca juga: ACT Sulsel: Layanan warung gratis berjalan selama pandemi COVID-19

Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto mengatakan situasi pandemi COVID-19 seharusnya menjadi kesempatan seluruh elemen masyarakat saling tolong-menolong, terutama bagi yang beroleh rezeki secara lebih besar ketimbang lainnya.

"Walaupun kita semua merasakan dampaknya, dengan terus berbagi insyaallah dapat membantu saudara-saudara kita yang saat ini membutuhkan," kata dia.

selama ini, ACT juga aktif menggelar program operasi beras gratis, bantuan wasfatafel portabel, serta bantuan pangan dan multivitamin untuk para tenaga medis.

Salah seorang pengemudi ojek daring, Wedhy, mengatakan bantuan makan gratis sebagai langkah tepat dan mendukung para pengemudi ojek daring yang setiap hari harus keluar rumah untuk mendapatkan penghasilan.

"Program seperti ini sangat tepat, kami tukang ojek mau tidak mau setiap hari harus keluar, kalau tidak keluar ya tidak makan," kata dia saat menerima makanan gratis pada Senin (13/4).

Baca juga: Warga terdampak COVID-19 di Sumsel dapat bantuan sembako dari ACT
Baca juga: Operasi Pangan Gratis ACT Jember untuk warga terdampak COVID-19
Pewarta : Luqman Hakim
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020