Dinilai bisa efektif kalau semua daerah penyangga Jakarta menerapkan PSBB
Jakarta (ANTARA) - Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono mengemukakan hampir tidak ada perubahan perilaku masyarakat hingga hari keempat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

"Ini sudah hari keempat, di Kalideres, Cileduk, dan Kalimalang, kita lihat hampir tidak ada perubahan," katanya saat meninjau poin cek PSBB di Jalan Inspeksi Saluran Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin siang.

Pangdam mengatakan situasi itu akan menjadi bahan evaluasi bagi seluruh gugus tugas di daerah terkait penerapan PSBB dalam rangka pencegahan COVID-19.

Salah satu hal penting dalam materi pembahasan PSBB tersebut adalah keterkaitan jumlah daerah penyangga Jakarta seperti Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Pangdam Jaya harap lab COVID-19 pangkas waktu hasil pemeriksaan

Baca juga: Pangdam Jaya pimpin RS Darurat Wisma Atlet

Baca juga: Pangdam Jaya ajak masyarakat patuhi imbauan kurangi aktivitas


"Ini ada keterkaitan daerah penyangga ibu kota, khususnya dari arah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Namun Eko berharap tingkat kepatuhan masyarakat terhadap PSBB bisa semakin meningkat saat daerah penyangga Jakarta juga menerapkan PSBB.

"Di Jabar baru Rabu (15/4) bersama dengan daerah penyangga sama-sama menerapkan PSBB, kita harapkan pergerakan orang semakin sedikit," katanya.

Eko menambahkan kata kunci dari kesuksesan PSBB adalah disiplin masyarakat.

"Termasuk wartawan jaga jarak, berlaku untuk semua aparat juga," demikian Eko.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020