Kami bersama Dinas Kesehatan, kecamatan dan kelurahan juga telah memberikan penyuluhan kepada ketua RT, RW dan tokoh masyarakat sekitar TPU
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) telah menyiapkan lahan khusus pemakaman bagi jenazah pasien COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Selapajang Jaya, Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang, Widi Hastuti dalam keterangannya, Rabu, mengatakan, kesiapan ini sebagai antisipasi penolakan warga terhadap jenazah COVID-19 yang marak terjadi di berbagai wilayah.

Baca juga: MUI minta tayamum jenazah pasien COVID-19 bukan di luar kain kafan

Pihaknya bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait telah memberikan penyuluhan kepada perwakilan warga di kantor kelurahan pada 28 Maret dan pegawai di TPU Selapajang Jaya pada 27 Maret 2020.

"Kami bersama Dinas Kesehatan, kecamatan dan kelurahan juga telah memberikan penyuluhan kepada ketua RT, RW dan tokoh masyarakat sekitar TPU, agar mereka tidak khawatir dengan hadirnya pemakaman jenazah COVID-19 di wilayahnya," ujar Widi.

Baca juga: MUI: Pemulasaraan jenazah di daerah rawan COVID-19 agar pakai APD

Baca juga: Puan: Prosedur pemakaman jenazah COVID-19 harus disosialisasikan


Khusus untuk pegawai pelayanan pemakaman di TPU Selapajang Jaya, Pemkot Tangerang telah menyediakan alat pelindung diri (APD)

"Jadi saat mereka menerima jenazah dari Rumah Sakit, para petugas yang menguburkan sudah siap dengan baju APD tersebut, sehingga meminimalkan penyebaran Virus Corona kepada petugas," sambungnya.

Untuk lahan yang disediakan oleh Pemkot Tangerang, sekitar 200 meter yang berada di Blok D untuk umat muslim dan Blok B untuk non-muslim.

Baca juga: Pemkab Karawang siapkan lokasi pemakaman khusus jenazah COVID-19

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020