Bamsoet surati Kasatgas COVID-19 lakukan "rapid test" anggota MPR

Bamsoet surati Kasatgas COVID-19 lakukan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan telah menulis surat kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Kepala Satgas Penanggulangan COVID-19 Doni Munardo agar menerbitkan otoritas melakukan "rapid test" kepada seluruh anggota MPR RI.

"Saya sudah menulis surat ke BNPB untuk meminta Ketua Satgas melakukan 'rapid test' COVID-19 baik pada anggota dewan dan keluarganya plus seluruh karyawan dan keluarganya di Kompleks Parlemen termasuk DPR dan DPD RI," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan masih menunggu jawaban Kepala Satgas Penanggulangan COVID-19 atas surat yang telah dikirimi tersebut.

Selain tes untuk anggota MPR, menurut Bamsoet, dirinya juga mengusulkan agar para jurnalis yang meliput di lingkungan Kompleks Parlemen ikut melakukan "rapid test".

"Saya juga minta BNPB agar untuk melakukan tes pada wartawan agar cepat diketahui dan dilakukan tindakan lanjutan. Untuk meminimalisir tidak meluasnya dan menularkan COVID-19 kepada yang lain," ujarnya.

Baca juga: MPR dukung penghentian sementara visa kunjungan WNA

Selain itu dia mengatakan, saat ini pemerintah sudah memulai gerakan "rapid test" COVID-19 kepada masyarakat sesuai perintah Presiden Jokowi.

Menurut dia, di wilayah Jakarta Selatan sudah melakukan tes tersebut dan akan dilakukan di seluruh daerah yang diduga menjadi pusat terjangkitnya wabah COVID-19.

"Kita percayakan kepada pemerintah (lakukan 'rapid test' COVID-19). Presiden Jokowi sudah mengarahkan untuk segera melakukan tes tersebut," katanya.

Baca juga: MPR: dukung "rapid test" COVID-19 dilakukan secara massal dan merata

Baca juga: MPR ajak masyarakat perkuat optimisme hadapi COVID-19

Baca juga: MPR minta komponen bangsa bantu tenaga medis tangani COVID-19
Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020