Dinas Bina Marga DKI Jakarta memasang 10 wastafel portabel di 10 lokasi di Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Dinas Bina Marga DKI Jakarta memasang sebuah "wastafel portabel" lengkap dengan sabun pencuci tangan dan tisu di kawasan Halte Ratu Plaza, Jakarta Pusat, sehingga bisa digunakan masyarakat untuk mencuci tangan guna mencegah penularan virus corona (COVID-19).

Kepala Suku Dinas Bina Marga Kota Jakarta Selatan Heru Suwondo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, membenarkan bahwa wastafel portabel tersebut dipasang pihaknya.

"Jadi Dinas Bina Marga DKI Jakarta memasang 10 wastafel portabel di 10 lokasi di Jakarta. Satu lokasi di Ratu Plaza," kata Heru.

"Wastafel portabel" tersebut terdiri atas tempat pencucian tangan dilengkapi dengan kran yang tersambung dengan sebuah toren air berukuran 500 liter, cairan sabun pencuci tangan, kotak tisu dan tempat sampah.

Baca juga: Anies sebut kegiatan berkumpul dalam jumlah besar akan ditindak

Menurut Heru, "wastafel portabel" ditempatkan di lokasi strategis yang banyak terdapat mobilisasi masyarakat seperti halte dan stasiun maupun kantor pemerintahan.

Di Jakarta Selatan, "wastafel portabel" dipasang di depan Halte Ratu Plaza Jalan Sudirman dekat dengan komplek perkantoran dan jaringan moda transportasi terintegrasi seperti bus dan kereta.

"Wastafel portabel ini dimaksudkan untuk warga menjaga kebersihan guna terhindar dari wabah Virus Corona COVID-19," kata Heru.

Penempatan "wastafel portabel" ini sebagai sumbangsih Dinas Bina Marga bersama mitra untuk mendukung upaya pencegahan penularan virus corona penyebab COVID-19.

Baca juga: Ahmad Sahroni sebar APD COVID-19 ke sejumlah RS di Jakarta

Heru mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menjaga kebersihan diri salah satunya dengan mencuci tangan. Selain itu juga dapat merawat fasilitas yang ada agar bisa digunakan dalam waktu lama.

Adapun 10 titik pemasangan wastafel portabel selain di Halte Ratu Plaza, yakni Halte DPRD, Halte Balaikota, Terowongan Kendal sisi Timur, Halte Tanah Abang, Halte BI, Halte Tosari, Halte Karet dan Halte Le Meridien.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020